sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Kesalahan Pakai Tes Kehamilan, Terlalu Cepat atau Kelamaan Baca Hasil

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 18 Oct 2020 08:09 WIB
Disappointed Asian woman sitting bed when see the pregnancy test result. Girl feels worry and not ready to be a mother. Man feeling stress about the future kid holding head. Unprepared sexual problem. 4 kesalahan pakai tes kehamilan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Kiwis

Jakarta - Melakukan tes kehamilan sepertinya mudah sekali dilakukan. Tinggal buka bungkusnya dan dimasukkan ke dalam wadah berisi urine Bunda.

Tetapi, tahukah Bunda, sebenarnya pemakaian alat tes kehamilan harus tepat. Sebab, pemakaian yang kurang benar berkemungkinan besar akan membuat hasilnya tidak akurat.

Bunda sendiri mungkin memiliki pengalaman yang sama saat menggunakan alat tes kehamilan. Seringkali, ada yang menemui dua garis tetapi berwarna samar, atau pun bergaris satu tetapi kenyataannya positif hamil. 


Nah, kalau sudah seperti ini, kekhawatiran pun muncul saat melakukan tes kehamilan. Apalagi, bagi Bunda yang mengalami kesulitan hamil atau secara aktif berusaha untuk hamil. 

Yup, menghadapi kondisi tersebut, sebaiknya tidak perlu panik ya, Bunda. Selama Bunda mengikuti instruksi alat tes kehamilan dengan baik maka hasilnya pun akan akurat.

Melansir Self, beberapa kesalahan bisa saja dilakukan tanpa disadari saat menggunakan alat tes kehamilan. Simak ulasannya di bawah ini:

1. Terlalu lama

Kesalahan paling umum yang dilakukan saat melakukan tes kehamilan adalah terlalu lama memasukkan alat ke cairan urine. Ingat ya, Bunda, jika Bunda menggunakan alat tes kehamilan standar dengan indikator garis, penting untuk memeriksa hasilnya dalam jangka waktu yang diinstruksikan.

Jika Bunda membiarkannya terlalu lama sebelum membaca hasilnya, urine pada alat tes kehamilan akan menguap dan membuat Bunda terlihat seperti memiliki dua garis, bukan hanya satu.

"Seringkali orang akan melihat garis penguapan saat urine mulai menguap setelah tes," ujar Jamil Abdur Rahman, M.D, seorang dokter ahli kandungan.

Untuk itu, Dr Jamil menyarankan agar mengikuti petunjuk alat tes kehamilan dengan tepat. Misalnya, diinstruksikan pengguna untuk menunggu tiga menit setelah mengikuti tes, maka ikuti instruksi tersebut dan membacanya sesegera mungkin.

2. Pengaruh obat kesuburan

Selain itu, kesalahan yang kerap dilakukan ketika tes kehamilan yakni Bunda ternyata sedang menjalani pengobatan kesuburan yang meningkatkan kadar hCG. Jika kondisi ini terjadi, tentu saja Bunda biasanya akan mendapatkan hasil positif yang palsu.

Ini dikarenakan mengonsumsi obat kesuburan yang mengandung hCG, seperti beberapa suntikan yang seringkali merupakan bagian dari in vitro fertilisation (IVF). Sehingga, hasil yang didapatkan bisa menjadi positif palsu, Bunda.

Tak hanya itu, sisa hCG di sistem tubuh setelah melahirkan atau keguguran juga dapat membuat hasil tes kehamilan tidak akurat. Biasanya, setelah melahirkan atau keguguran, hCG dapat bertahan di tubuh selama berbulan-bulan, Bunda. 

Butuh sekira empat hingga enam minggu agar kadar hCG kembali normal setelah seseorang mengalami keguguran. Ini dikarenakan beberapa plasenta tertinggal di dalam tubuh dan dapat terus memproduksi hCG dalam waktu singkat. Pastikan bahwa hal itu tidak Bunda alami ya, ketika melakukan tes kehamilan.

3. Terlalu dini melakukan tes

Oh ya, Bunda, kesalahan lain yang kerap ditemukan saat menggunakan alat tes kehamilan yakni terlalu dini melakukan tes kehamilan. Perlu Bunda tahu, melakukan tes kehamilan sebaiknya menunggu sampai Bunda melewatkan jadwal menstruasi dan barulah melakukan tes kehamilan. Dengan begitu, Bunda akan mendapatkan hasil yang lebih akurat, seperti dikutip dari laman Very Well Family.

4. Kecepatan membaca hasil tes

Kemudian, kesalahan yang juga perlu dihindari saat melakukan tes kehamilan yakni tidak menunggu cukup lama untuk membaca tes. Sebaiknya, Bunda bersabar mengikuti jangka waktu yang ditentukan dari alat tes kehamilan yang dipakai agar mendapatkan hasil akurat.

Saat urine berjalan melalui jendela indikator, mungkin akan terlihat seperti ada dua garis, atau ada tanda plus. Namun, ini tidak berarti Bunda hamil. Ini hanya berarti tes tersebut berhasil.

Jadi, Bunda harus menunggu hingga akhir waktu yang ditentukan dalam instruksi untuk membaca hasil tes dimana biasanya berlangsung satu atau dua menit. 

Intinya, harus bersabar dan mengikuti instruksi yang tertera di kemasan alat tes kehamilan ya, Bunda. Semoga membantu, Bunda!

 Bunda, simak juga cara tepat hitung usia kehamilan menurut dokter dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi