sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Tanda Pasti Kehamilan, Kram hingga Mood Swing

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 29 Sep 2020 18:16 WIB
Shot of a mature couple feeling excited after taking a home pregnancy test caption

Jakarta - Bagi Bunda yang sedang menunggu-nunggu kehamilan, tentu penasaran banget untuk mengetahui tanda hamil yang pasti terjadi. Selain terlambat menstruasi, ada beberapa perubahan tubuh yang bisa kita jadikan acuan untuk menandai kehamilan lho.

Sebenarnya, hamil atau tidak bisa cepat dibuktikan dengan cek menggunakan test pack ataupun pemeriksaan langsung di dokter kandungan ya, Bunda.

Tetapi, seringkali memang test pack yang bergaris dua itu samar sehingga masih abu-abu nih harapan Bunda untuk hamil. Meski demikian, ketika beberapa gejala mengikutinya seperti adanya perdarahan ringan, payudara nyeri, perut membesar, hal tersebut menjadi tanda pasti hamil bagi Bunda.


"Jika benar seseorang hamil maka mereka akan mengalami perdarahan dua minggu setelah pembuahan. Kemudian, setelah memasuki siklus berikutnya, mereka akan kehilangan menstruasi,"kata Mary L. Rosser MD, PhD,  direktur divisi Obstetri & Ginekologi Umum di Montefiore Medical Center seperti dikutip dari laman Redbookmag.

Nah, untuk lebih jelasnya kita bahas lebih lengkap yuk, Bunda. Simak ulasannya di bawah ini:

1. Kram 

Tanda pasti hamil lainnya yang mungkin Bunda rasakan yakni hadirnya kram perut yang biasanya tidak dirasakan.

2. Mudah lelah

Serta, rasa mudah lelah juga menjadi salah satu tanda pasti hamil yang muncul sejak dini karena tingginya kadar hormon progesteron dalam tubuh Bunda.

3. Nyeri payudara

Melansir Leachco, nyeri pada payudara yang diikuti dengan bengkak,  menjadi tanda kehamilan telah dimulai sejak 1-2 minggu setelah pembuahan. Payudara nyeri dan terasa berat ini bisa menjadi tanda-tanda utama bahwa Bunda hamil. 

4. Jadi sering kencing

Kemudian, tanda pasti hamil lain yang mungkin Bunda rasakan yakni meningkatkan intensitas buang air kecil. Hal ini wajar Bunda rasakan karena selama kehamilan, tubuh Bunda menghasilkan cairan berlebih yang menyebabkan kandung kemih bekerja lembur. Hal ini pun menyebabkan Bunda jadi sering buang air kecil pada waktu yang mungkin tidak tepat.

5. Mood swing

Serta, tanda pasti hamil yang turut menyertai kehamilan Bunda yakni mood swing atau perubahan suasana hati. Coba deh Bunda ingat-ingat lagi, apakah Bunda merasa marah pada suami tanpa alasan, merasa sangat emosional dan menangis, dan lainnya. Jika Bunda merasakannya tentu saja hal tersebut menjadi tanda pasti hamil. 

Tetapi, Bunda jangan khawatir ya karena perubahan suasana hati ini cukup umum dan ketidakteraturan emosi akan segera berakhir seiring kehamilan semakin membesar.

Semoga lima tanda pasti di atas dapat menjawab keraguan Bunda terhadap hasil tes kehamilan ya. 

Bunda, simak juga yuk 14 tanda kehamilan yang jarang disadari dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



 

 

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi