sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Tips Mengatasi Rasa Cemas Sebelum Melahirkan

Asri Ediyati Sabtu, 12 Sep 2020 08:01 WIB
A portrait of pregnant young woman indoors at home, feeling tired. caption
Jakarta -

Menjelang melahirkan, biasanya ibu hamil merasa cemas sekaligus excited. Di sisi satu, tak sabar ingin bertemu bayi, namun juga takut dengan persalinan. Berbagai pertanyaan mungkin muncul di benak Bunda ketika ingin melahirkan.

'Bagaimana ya jika ternyata aku enggak bisa normal?', 'Bagaimana ya kalau nanti pembukaannya lama?', dan masih banyak lagi. Para ahli mengatakan tak hanya ibu baru, namun ibu yang telah berpengalaman juga merasakan yang sama.

"Jika kehamilan pertama Anda mudah, Anda khawatir kehamilan kedua akan sulit. Jika kehamilan pertama sulit, Anda takut sejarah akan terulang kembali," kata dokter kandungan Laura Riley, MD., dikutip dari WebMD.


"Dan jika Anda belum pernah melakukan ini sebelumnya, imajinasi Anda bisa liar ketika Anda mulai membayangkan setiap skenario terburuk yang mungkin terjadi," ucap Riley.

Riley mengatakan bahwa calon ibu yang paling tenang pun kemungkinan akan mengalami kecemasan saat persalinan. Nah, kalau sudah seperti ini bagaimana cara mengatasinya? Mungkin Bunda bisa coba 7 tips mengatasi rasa cemas sebelum melahirkan berikut ini:

1. Perbanyak pengetahuan tentang persalinan

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi kecemasan Bunda tentang persalinan adalah dengan dengan perbanyak pengetahuan tentang persalinan. Cari tahu sebanyak mungkin tentang persalinan, dengan fokus pada kelahiran sebagai proses normal dan alami. Bunda juga jangan membaca pengalaman persalinan yang buruk dan traumatis.

2. Bunda enggak sendirian

Mengutip Belly Belly, setiap hari sekitar 350.000 wanita melahirkan di seluruh dunia. Saat Bunda melahirkan, Bunda tidak akan sendirian. Bunda juga menempuh jalur yang sama dengan wanita lain, hanya saja tiap pengalaman persalinan tiap ibu itu unik.

3. Jaga diri

Menjaga diri sendiri harus menjadi prioritas utama sebelum melahirkan. Olahraga dapat mengurangi stres dan meredakan ketegangan, juga dapat menjernihkan pikiran dan meningkatkan pandangan positif. Cobalah untuk memasukkan beberapa jenis olahraga ke dalam setiap hari, apakah itu berenang, berjalan, atau bahkan kelas kehamilan.

4. Ingat, semua persalinan itu unik

Setiap persalinan itu unik, Bunda. Tidak peduli berapa kali Bunda melahirkan, setiap kali Bunda akan mengalami sesuatu yang benar-benar baru. Jadi, ganti rasa cemas dengan excitement ya.

5. Fokus pada hasil akhir

Jika kecemasan tentang persalinan dan kelahiran benar-benar mengganggu, pikirkan mengapa Bunda mengalaminya. Yang perlu Bunda lakukan adalah tetap fokus pada hasil akhir. Bagaimana pun kondisi Bunda nanti, serahkan semua ke dokter kandungan.

6. Tingkatkan mood

Lakukan hal-hal yang membuat Bunda merasa baik dan bahagia daripada terus-terusan memikirkan tentang proses melahirkan . Habiskan waktu bersama teman dan orang tersayang atau coba hobi yang selalu Bunda minati.

7. Menulis jurnal harian atau diary

Percaya atau enggak, menulis jurnal bisa membuat Bunda lebih relaks. Menuangkan perasaan dan pikiran di atas kertas akan sangat membantu mengusir rasa cemas sebelum melahirkan.

Selamat mencoba, semoga rasa cemas Bunda sebelum melahirkan hilang!

Simak juga cerita dr.Reisa Brotoasmoro setelah melahirkan secara caesar:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi