sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Perubahan Tubuh Saat Masa Kehamilan Trimester 1, Bunda Perlu Tahu

Asri Ediyati Selasa, 30 Jun 2020 09:42 WIB
ilustrasi ibu hamil makan 3 Perubahan Tubuh Saat Masa Kehamilan Trimester 1, Bunda Perlu Tahu/ Foto: iStock
Jakarta -

Saat tahu ada garis dua di-testpack, tak lama Bunda akan merasakan perubahan pada tubuh. Apalagi saat masa kehamilan muda atau trimester 1, hal-hal seperti perubahan hormonal, implantasi bakal mengubah kondisi tubuh.

dr.Rinto Riantori Sp.OG mengatakan bahwa ada tiga perubahan tubuh saat masa kehamilan trimester 1 yang paling sering terjadi. Tiga hal ini paling ia sering jumpai pada pasiennya.

"Pertama, cepat lelah akibat perubahan hormonal," kata Rinto kepada HaiBunda, Senin (29/6/2020).


Peningkatan kadar hormon progesteron juga memengaruhi tekanan dan gula darah sehingga Bunda cepat merasa lelah. Jika Bunda yang lelah, istirahat yang cukup adalah kuncinya.

Kedua menurut Rinto yaitu payudara terasa lunak dan lebih sensitif. Dilansir Parenting Firstcry, lagi-lagi ini karena hormonal, Bunda. Hormon estrogen dan progesteron dapat meningkatkan simpanan lemak tubuh, yang berpengaruh pada payudara.

"Ketiga, sering mengalami mual muntah," ujar Rinto.

Mual muntah saat hamil merupakan hal yang umum dialami ibu di trimester 1. Bunda mungkin akan merasakannya di pagi hari dan waktu lain. Mual muntah atau kita sering menyebutnya morning sickness akan dimulai sekitar minggu pertama kehamilan, sampai memasuki bulan kedua atau ketiga.

Secara biologis, ini tidak memberikan efek negatif pada janin atau kesehatan ibu hamil. Namun, keinginan untuk muntah atau merasa mual sepanjang waktu bisa menyebabkan gangguan dan kegagalan fokus pada aktivitas sehari-hari.

Simak juga ciri hamil berdasarkan perubahan kulit:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi