sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Manfaat Luar Biasa Buah Bit untuk Ibu Hamil

Haikal Luthfi Jumat, 18 Sep 2020 07:01 WIB
alasan untuk rutin minum jus buah bit caption
Jakarta -

Mengonsumsi buah-buahan sangat dianjurkan untuk mendukung kesehatan. Salah satu buah-buahan yang memberikan manfaat luar biasa adalah buah bit lho, Bunda.

Buah yang khas dengan warna merah keunguan ini mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan. Antioksidan berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi, sehingga membantu tubuh agar terhindar dari penyakit. Bahkan di Eropa Timur, buah bit dikenal berguna untuk perawatan penyakit kanker darah putih atau leukimia.

Mengutip buku 'Manfaat Buah-Buahan (2018)', terdapat beberapa manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari buah bit, seperti:


Menjaga kesehatan jantung

Kandungan kalium yang terdapat pada buah bit dipercaya mampu menurunkan hipertensi, yang merupakan sebab terhambatnya aliran darah menuju jantung. Mengonsumsi buah bit juga dapat mengurangi zat homosistein yang merupakan zat berbahaya bagi kesehatan jantung.

Menjaga stamina tubuh

Buat bit dipercaya mampu menjaga stamina tubuh. Kandungan nitratnya berfungsi untuk mengurangi pengeluaran oksigen saat beraktivitas.

Melancarkan pencernaan

Pola makan yang tidak teratur menyebabkan beberapa gangguan pencernaan seperti diare dan disentri. Dengan mengonsumsi buah bit yang kaya akan serat dapat melarutkan makanan dan racun di dalam usus.

Baik untuk ginjal dan empedu

Buah bit berkhasiat untuk membersihkan racun-racun yang tertimbun dan mengendap pada kedua organ tubuh tersebut.

Rasanya yang terkesan manis membuat buah yang satu ini banyak diolah menjadi minuman jus. Kandungan gulanya juga umum digunakan sebagai pemanis campuran dalam makanan dan minuman. Meski begitu, buah bit sangat rendah kalori lho, Bun.

buah bitBuah bit/ Foto: iStock

Manfaat buah bit untuk ibu hamil

Nah selain bermanfaat untuk kesehatan, buah bit ternyata juga bermanfaat untuk ibu hamil lho, Bunda. Ini merupakan nutrisi yang diperlukan untuk ibu dan bayi yang dikandungnya.

Dilansir dari laman Mom Junction, beberapa manfaat mengonsumsi buah bit selama kehamilan, di antaranya:

Mencegah cacat lahir

Kandungan asam folat pada buah bit berguna untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan janin. Para ahli hortikultura di University of Wisconsin menemukan bahwa buah bit adalah salah satu makanan dengan kandungan asam folat tertinggi.

Mengonsumsi buah bit dapat membantu perkembangan sistem saraf bayi dan dapat meminimalkan risiko cacat lahir, seperti spina bifida atau kelainan sumsum tulang belakang pada bayi.

Menjaga imunitas

Berdasarkan buku yang berjudul 'Superfoods for Pregnancy' menyebutkan bahwa buah bit dikenal memiliki sifat antioksidan yang dapat menjaga imunitas tubuh. Ibu hamil membutuhkan tingkat kekebalan yang tinggi untuk menghindari berbagai penyakit dan infeksi.

Mengatasi dekalsifikasi gigi

Buah bit memiliki jumlah silika yang baik, yang memungkinkan tubuh memanfaatkan mineral, seperti magnesium dan zat tembaga. Bersamaan dengan itu, buah ini juga memiliki kalsium dan magnesium, yang dapat membantu ibu hamil untuk mengatasi dekalsifikasi gigi.

Mengatur metabolisme tubuh

Buah bit menyediakan kalium yang dapat membantu menyeimbangkan elektrolit. Selain itu, buah bit juga dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah pada ibu hamil.

Mencegah peradangan

Buah bit mengandung sejumlah kecil betalain, yang bertindak sebagai agen anti-inflamasi yang kuat. Ini berguna untuk menghindari rasa nyeri dan bengkak pada persendian selama kehamilan.

Memurnikan darah

Buah bit memiliki kemampuan untuk memurnikan darah, dan dapat membantu mencegah risiko penyakit dan infeksi pada janin. Mengonsumsi jus buah bit dapat meningkatkan stamina fisik dan menjaga tekanan darah.

Terhindar dari anemia

Anemia bisa terjadi pada siapa saja, tak terkecuali pada ibu hamil. Zat besi pada buah bit dapat memperbaiki kadar hemoglobin atau sel darah merah yang berguna untuk menyuplai oksigen yang bermanfaat bagi tubuh, sehingga membantu mengurangi risiko terkena anemia.

Meski memiliki banyak manfaat selama kehamilan, buah ini juga tidak terlepas dari efek yang ditimbulkannya pada beberapa wanita hamil seperti dapat menyebabkan mual dan muntah.

Ada baiknya Bunda berkonsultasi lebih dahulu kepada dokter demi mendapatkan porsi buah bit dalam jumlah yang tepat dan dengan interval yang sesuai dengan harapan. Bimbingan dokter akan membantu Bunda menghindari efek samping dari mengonsumsi buah bit selama kehamilan.

Simak juga Bunda, 14 ciri-ciri hamil yang jarang disadari pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi