sign up SIGN UP search


kehamilan

Ringgo Agus Sambut Anak Kedua, Sabai Dieter Sukses Melahirkan Normal

Asri Ediyati Jumat, 30 Oct 2020 10:02 WIB
Sabai melahirkan. caption
Jakarta -

Kabar bahagia datang dari pasangan Sabai Dieter Morscheck dan Ringgo Agus Rahman. Keduanya baru saja menyambut anak kedua mereka. Sabai melahirkan bayinya dengan persalinan normal setelah hampir 2 hari menunggu bukaan lengkap.

Keduanya sudah tiba dan mempersiapkan segalanya di RS swasta, di bilangan Jakarta Selatan sejak tanggal 28 Oktober lalu. Saat tiba di rumah sakit, Sabai masih pembukaan 1 menuju pembukaan 2.

Ringgo Agus pun saat itu menyaksikan istrinya masih bisa santai dan berkeliling rumah sakit. Kemudian pada 30 Oktober dini hari, Sabai sudah mulai pecah ketuban dan sudah pembukaan enam.


"Perjuangan ga tidur semalemaaaannnn, baru aja pecah ketuban dan udah bukaan 6 !!!!!!!! Mohon doanya demi kelancaran," kata Ringgo di unggahan Instagram-nya.

Kemudian pagi harinya, Ringgo mengunggah Instagram Stories, pembukaan Sabai sudah lengkap. Ia bersyukur reaksi istrinya masih tetap tenang sambil menahan mulasnya perut.

Tak lama setelahnya, Ringgo mengunggah video Sabai mengejan. Akhirnya si kecil keluar dan diletakkan di dada Sabai untuk IMD.

Wah, ikut terharu ya, Bunda? Apalagi Sabai adalah pejuang VBAC (Vaginal Birth After Caesarian). Untuk bisa melahirkan normal setelah melewati persalinan caesar ada beberapa syarat yang harus Bunda ketahui nih.

Dilansir Mayo Clinic, Bunda yang sebelumnya hamil dengan satu bayi, memiliki riwayat satu atau dua operasi caesar sebelumnya, dan tidak memiliki masalah yang dapat mencegah VBAC diperbolehkan melahirkan normal pada persalinan selanjutnya.

Syarat kedua, jika Bunda hamil dengan satu bayi, memiliki riwayat operasi caesar sebelumnya dengan jenis sayatan rahim yang tidak diketahui, dan tidak memiliki masalah yang dapat mencegah VBAC, kecuali jika Bunda dicurigai pernah melakukan sayatan uterus vertikal tinggi (klasik) sebelumnya.

Syarat ketiga, jika Bunda hamil dengan anak kembar, memiliki riwayat satu operasi caesar melintang bawah sebelumnya.

Selamat ya Sabai dan Ringgo!

Bunda, simak juga yuk cerita Angie 'Virgin' melahirkan penuh perjuangan di London, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi