kehamilan

Keguguran Tak Membuat Sabai Morscheck Trauma Hamil Lagi

Muhayati Faridatun Senin, 22 Apr 2019 09:01 WIB
Keguguran Tak Membuat Sabai Morscheck Trauma Hamil Lagi
Jakarta - Artis cantik Sabai Morscheck sempat mengalami keguguran saat kehamilan kedua, Bun. Meski begitu, istri aktor Ringgo Agus Rahman ini mengaku tidak trauma untuk hamil lagi.

Saat ini, Sabai masih menggunakan KB spiral. Dan dalam waktu dekat, perempuan kelahiran Padang, Sumatera Barat, ini berencana melepas spiral tersebut demi memulai program hamil.

"Rencana hamil lagi kan tahun ini, cuma aku masih KB spiral. Dalam waktu dekat, paling ya dicopot dulu spiralnya baru usaha. Insyaa Allah lancar," akunya, dikutip dari detikcom.



Ya, Sabai memang ingin menambah momongan agar jarak umur anak keduanya tidak terlalu jauh dengan si sulung Bjorka, yang kini berusia tiga tahun.

Sempat trauma lantaran Sabai pernah keguguran, Ringgo pun kaget melihat semangat sang istri untuk hamil lagi. Ia lantas menyambut gembira keinginan perempuan 30 tahun tersebut.

"Ada perasaan takut bakal terjadi (keguguran) lagi enggak ya, walaupun pasti semua yang terbaik yang bakal kita siapkan. Sabai ngerasa mumpung dia masih kuat, kalau bisa hamil sekarang," tutur Ringgo.

Keguguran Tak Membuat Sabai Morscheck Trauma Hamil LagiKeluarga Ringgo Agus Rahman/ Foto: Dok. Instagram/ringgoagus
Wajar ya, Bunda, kalau Ringgo mencemaskan keguguran yang pernah dialami Sabai akan terulang. Seperti yang dijelaskan dr.Reisa Brotoasmoro dalam program dr Oz Indonesia di Trans TV, riwayat keguguran bisa jadi penyebab keguguran di kehamilan berikutnya.

Selain itu, Reisa juga menyebut kelainan kromosom dan usia sebagai faktor lain penyebab keguguran. Berdasarkan penelitian, faktor kelainan kromosom paling banyak dialami perempuan usia di atas 40 tahun.

"Akhirnya, faktor kelainan kromosom ini bisa meningkat dua kali lipat dibandingkan usia 20 tahun, saat pertama kali hamil," terangnya.


Dilansir Web MD, penelitian March of Dimes memaparkan, sekira 50 persen dari kehamilan berakhir dengan keguguran. Bunda perlu waspada, keguguran paling sering terjadi karena kita nggak menyadari sedang hamil.

Gejala umum yang dialami saat keguguran yakni perdarahan kecil hingga hebat, kram parah, sakit bagian perut, demam, sakit punggung, dan merasa sangat lemah.


Bunda, simak juga penuturan Sabai Morscheck tentang rencana hamil lagi, selengkapnya dalam video berikut:

[Gambas:Video 20detik]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi