sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Ibu Tersubur di Dunia, Melahirkan 27 Kali & Punya 69 Anak

Annisa Afani Sabtu, 31 Oct 2020 07:00 WIB
Happy pregnant woman cooking at home, doing fresh green salad, eating many different vegetables during pregnancy, healthy pregnancy concept caption
Jakarta -

Beberapa pasangan suami istri memilih memiliki sedikit anak. Namun ada juga yang memiliki banyak anak dengan alasan beragam.

Nah, ternyata ada seorang ibu yang memiliki anak sampai puluhan orang, bahkan ada yang melahirkan hingga berkali-kali sampai memiliki 69 anak. Bunda penasaran siapa saja ibu-ibu tersebut?

KlikĀ next untuk mengetahuinya ya, Bunda.


1. Valentina Vassilyeva (69 anak)

Valentina Vassilyeva merupakan istri pertama dari petani bernama Feodor Vassilyev dari Shuya, Rusia. Selama 76 tahun hidup, Valentina diketahui memiliki 69 orang anak, namun 2 di antaranya meninggal ketika bayi.

Mengutip Brightside, Guinness World Records mencatat Valentina yang hidup di abad 18 ini sebagai Ibu Paling Produktif di dunia. Dia mengalami hiperovulasi dan tercatat pernah menjalani 27 kali persalinan, di antaranya 16 kali melahirkan anak kembar dua, tujuh kali melahirkan anak kembar tiga, lalu empat kali melahirkan anak kembar empat.

Biasanya, rata-rata kehamilan membutuhkan waktu sekitar 40 minggu. Namun, semakin banyak anak yang berada dalam rahim, maka semakin besar kemungkinan ibu akan melahirkan lebih cepat. Menurut perhitungan BBC, Valentina bisa saja mengalami kehamilan 37 minggu dengan kembar dua, lalu kehamilan 32 minggu dengan kembar tiga, kemudian kehamilan selama 30 minggu saat mengandung anak kembar empat.

Jika dijumlahkan, total kehamilan Valentina mencapai 936 minggu. Jika 936 minggu tersebut dibagi 52, yakni jumlah minggu dalam satu tahun, maka disimpulkan bahwa Valentina menghabiskan 18 tahun hidupnya untuk mengandung.

Namun banyak ahli yang meragukan kisahnya. Kendati demikian, ada fakta sejarah yang mendukung kisah tersebut. Data soal kisah keluarganya diterbitkan pada tahun 1834 di Saint-Patersburg Panorama.

(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi