sign up SIGN UP search


menyusui

2 Posisi Menyusui Terbaik Usai Operasi Caesar Dijamin Bebas Sakit, Bun

Asri Ediyati Jumat, 30 Oct 2020 08:05 WIB
Smiling mother breastfeeding her baby daughter while being at home. caption
Jakarta -

Menyusui setelah menjalani operasi caesar tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para Bunda. Luka bekas jahitan terkadang nyeri dan tidak nyaman jika tersentuh.

Menurut Alyssa Quimby, M.D asisten profesor di departemen obgyn, di University of Southern California, mungkin akan sulit bagi Bunda untuk menempatkan bayi saat menyusui.

"Sulit menempatkan bayi untuk Anda merasa nyaman selama kurang lebih 20 menit dengan kondisi ada sayatan pada perut bagian bawah," ujarnya, dilansir Self.


Posisi menyusui seperti cradle atau cross cradle jelas bukan posisi yang nyaman dalam beberapa minggu setelah operasi. Mengutip Healthline, ada dua posisi menyusui terbaik yang membuat Bunda tidak perlu khawatir bayi akan menyentuh sayatan.

Dua posisi yang biasanya paling baik untuk menyusui usai operasi caesar adalah posisi berbaring menyamping dan memegang bola. Dalam posisi ini, bayi tidak menyentuh sayatan. Berikut cara melakukannya:

1. Berbaring menyamping (side lying)

Bunda tinggal berbaring di tempat tidur miring, dekatkan bayi. Tempatkan bayi beberapa cm di bawah payudara yang bersentuhan dengan tempat tidur.

Selanjutnya, posisikan hidung bayi ke puting, lalu tempelkan. Bunda mungkin perlu bereksperimen dengan bantal untuk kenyamanan Bunda sendiri.

Bunda dapat meminta suami untuk membawa bayi ke samping saat Bunda berada di tempat tidur dan membantu memposisikannya.

2. Football hold

Bunda bisa duduk di kursi, gendong bayi di sisi tubuh (di bawah lengan Anda), dengan perutnya menghadap tubuh. Bunda bisa bayangkan seperti memegang bola.

Jadi, kaki bayi berada di bawah ketiak, sehingga badan bayi sama sekali tidak menyentuh sayatan bekas operasi caesar. Jaga agar tetap pas dan dekat, posisikan kepala menempel di payudara.

Supaya memudahkan, pakailah bantal menyusui untuk dapat membantu menopang bayi mendekat ke payudara Bunda. Semoga informasi ini bisa memudahkan Bunda menyusui usai operasi caesar ya.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi