sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Persiapan Melahirkan yang Disarankan untuk Bunda Lakukan

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 29 Dec 2020 08:24 WIB
Pregnant woman on lesson courses for expectant mothers. Medical insurance childbearing. Family doctor for gestation. Maternity leave. Pediatrics. Preparing for motherhood. caption

Jakarta - Ada banyak hal yang perlu dilakukan saat berbicara persiapan persalinan. Berbagai item pun perlu disiapkan agar persalinan berjalan nyaman dan lancar.

Bagi Bunda yang baru saja pertama kali melahirkan, mungkin persiapan persalinan terasa berat karena belum ada pengalaman. Tetapi, bagi Bunda yang sudah memiliki pengalaman melahirkan tentu saja akan lebih cepat, mudah, dan selalu penuh dengan pikiran positif.

"Ini bisa sangat melelahkan untuk mempersiapkan persalinan dan melahirkan. Sebab, ada begitu banyak daftar barang yang harus disiapkan dan juga berbagai saran dari orang-orang," ujar Juliana, A. Parker, RN, RNC-OB, pemilik Accel OB Partners, seperti dikutip dari laman Healthline.


Parker mengatakan bahwa persiapan persalinan diharapkan tidak membuat ibu hamil menjadi ketakutan. Pengetahuan menjadi kunci untuk membuat keputusan yang tepat selama kehamilan dan persalinan. Tetapi, seringkali banyak info yang masuk membuat ibu hamil jadi ketakutan.

Nah, untuk mencapai keseimbangan yang sehat, sebagian besar ahli merekomendasikan untuk mengambil kelas persalinan yang diajarkan oleh pendidik persalinan yang tersertifikasi.

"Dengan mengetahui berbagai hal dari sumbernya dapat membantu Bunda mengambil keputusan yang tepat dan memberikan pengalaman melahirkan yang positif," tambah Parker.

Melansir Parents, berikut ini empat tips yang dapat membantu Bunda dalam persiapan persalinan agar lebih mudah:

1. Ikuti kelas persalinan

Daftarkan diri sedini mungkin dan cari tahu berbagai hal mengenai persiapan persalinan dan apa yang harus dilakukan begitu persalinan dimulai. Sehingga, semakin baik persiapan Bunda maka semakin banyak pilihan yang dimiliki selama persalinan.

2. Fokus dan temukan kekuatan

Hal terpenting yang perlu dipelajari ialah bagaimana Bunda bisa fokus dan memusatkan perhatian. Salah satu yang bisa dicoba yakni dengan mengikuti kelas yoga. Selain memperkuat seluruh tubuh, yoga juga dapat meningkatkan kelenturan, dan memberikan stamina lebih saat persalinan. Serta, yoga juga membantu Bunda lebih rileks.

3. Cari dukungan

Doula merupakan profesional non-medis yang dilatih untuk memberikan dukungan emosional dan fisik serta informasi kepada wanita selama kehamilan dan persalinan. Penelitian menemukan bahwa dengan dukungan terus menerus dari doula terlatih, waktu persalinan menjadi lebih pendek dan kebutuhan untuk epidural, caesar, dan oksitosin untuk induksi serta forceps berkurang sekitar setengahnya.

4. Memilih ruang bersalin yang mirip dengan kenyamanan di rumah

Bagi kebanyakan wanita, lingkungan yang gelap dan tenang sangat ideal selama persalinan. Jadi, mintalah perawat atau pasangan untuk meredupkan lampu dan meminimalkan kebisingan. Sedikit sentuhan membuat perbedaan berarti bagi Bunda dengan ketersediaan bantal favorit, kaus kaki, atau aroma yang menenangkan.

Nah, semoga membantu ya, Bunda!

Bunda, simak yuk persiapan melahirkan lain dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Lesti Kejora
(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi