sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Persiapan Persalinan agar Bunda Lebih Tenang dan Lancar

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 09 Jan 2021 08:00 WIB
Portrait of a beautiful young pregnant woman trying to breath to soothe the pain of her labor contractions in a hospital caption

Jakarta - Persalinan menjadi puncak penantian setelah sembilan bulan kehamilan. Tak sedikit Bunda yang begitu excited mempersiapkannya.

Berbagai proses dalam persalinan bagi ibu baru memang menjadi pekerjaan rumah yang harus dipelajari. Sehingga, perlu banyak wawasan dan juga latihan yang harus terus dipersiapkan demi kelancaran persalinan.

"Ada begitu banyak lika-liku yang dapat dialami dalam persalinan. Dan, tidak ada yang dapat memprediksi bagaimana prosesnya," ujar Dianne Randall, 
seorang konselor persalinan dan laktasi di Sharp Mary Birch Hospital di San Diego, seperti dikutip dari laman Baby Center.


Mengingat banyaknya persiapan yang harus dilakukan, tentu saja mengikuti kelas persalinan dapat menjadi pilihan awal. Bunda dapat mempertimbangkan hal ini untuk mengetahui bagaimana tahapan persalinan, manajemen nyeri, teknik pernapasan, dan peralatan medis yang dapat digunakan selama persalinan.

Bunda juga dapat mempelajari berbagai video cara melahirkan dengan menonton video persalinan yang sebenarnya, termasuk persalinan alami, water birth, persalinan dengan epidural, persalinan dengan operasi caesar, dan lainnya.

Selain itu, Bunda juga dapat mempraktikkan beberapa cara positif berikut dalam mempersiapkan persalinan, seperti dikutip dari laman Tommys:

1. Berdayakan diri sendiri

Setiap wanita berbeda. Tubuh kita pun berbeda satu sama lain. Dan, bayi kita berbeda serta tidak ada dua kelahiran yang sama. Itulah mengapa sangat berguna untuk mengetahui lebih lanjut tentang persalinan dan kelahiran. 

Carilah pengetahuan lebih banyak tentang pilihan persalinan yang akan Bunda lakukan serta pro-kontra dari pilihan tersebut. Hal ini tentunya akan membantu Bunda merasa lebih percaya diri dalam membuat keputusan tentang bagaimana akan melahirkan bayi Bunda nanti.

2. Persiapkan pikiran 

Cobalah untuk tidak mendengarkan cerita horor tentang persalinan karena ini benar-benar tidak membantu jika Bunda merasa gugup. Cobalah untuk mengingat bahwa untuk setiap pengalaman buruk, ada ibu di luar sana dengan cerita positif untuk diceritakan.

Ini bisa jadi sulit, terutama jika Bunda sendiri pernah mengalami pengalaman buruk. Tetapi, cobalah untuk berpikir positif sebanyak mungkin. Sebab, cara tersebut sangat bermanfaat dalam kelancaran persalinan Bunda nantinya.

3. Persiapkan tubuh

Persalinan sering kali membutuhkan kekuatan dan stamina. Jadi, penting untuk mempersiapkan tubuh untuk itu. Olahraga selama kehamilan juga bisa menjadi cara yang bagus dalam menghilangkan stres. 

4. Berlatih teknik relaksasi

Menggunakan teknik pernapasan dapat membantu menenangkan saraf Bunda sebelum dan sesudah persalinan serta mengontrol rasa sakit. Pastikan Bunda berlatih selama kehamilan untuk memastikan Bunda terasa nyaman saat menggunakannya ketika persalinan dimulai.

Semoga membantu ya, Bunda!

Untuk lebih jelasnya, simak yuk penjelasan dokter Ilham mengenai persiapan melahirkan normal, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Artis penyintas COVID-19Artis penyintas COVID-19/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari
(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi