sign up SIGN UP search


kehamilan

Alasan Bumil Dilarang Minum Obat Batuk yang Dijual Bebas Tanpa Resep Dokter

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 12 Nov 2020 09:05 WIB
Beautiful expectant female feeling sick at home and blowing her nose with a tissue caption

Jakarta - Selama kehamilan, seringkali tubuh merasakan gangguan kesehatan ringan. Seperti halnya batuk yang sangat mengganggu. Kalau sudah begini, banyak ibu hamil galau harus mengonsumsi obat apa yang aman untuk kehamilannya.

Ya, selama kehamilan memang sistem kekebalan Bunda bekerja pada kecepatan yang lebih rendah dari biasanya. Ini sebenarnya merupakan hal yang baik karena dapat membuat bayi Bunda terlindungi dan tubuh juga tak berpikir bahwa janin adalah benda asing.

Namun, sisi negatif dari penekanan kekebalan ini ialah tubuh Bunda tidak menangkal banyak virus yang dapat membuat Bunda lebih rentan terhadap gejala termasuk hidung tersumbat, batuk, dan sakit tenggorokan, seperti dikutip dari laman Whattoexpect.


Dalam kondisi seperti ini memang seringkali sulit memutuskan. Apalagi, ibu hamil tak boleh sembarangan mengonsumsi obat. Sementara di satu sisi, batuk yang semakin membuat ketidaknyamanan. Lantas, apa obat batuk ibu hamil yang bisa dikonsumsi ya, Bunda?

Menurut Dr Marcel Favetta, seorang obgyn di Geisinger Wyoming Valley Medical Center, beberapa obat bisa berbahaya, atau belum diteliti secara luas. Jadi, ada baiknya Bunda harus menghindari beberapa pengobatan yang diambil sebelum hamil.

"Ada baiknya Bunda menghindari obat bebas dalam banyak kasus. Sebaliknya, yang terbaik ialah beralih ke pengobatan alami untuk melawannya,"ujar Dr Favetta seperti dikutip dari laman Geisinger.

Lebih lanjut, Dr Favetta mengatakan, banyak obat yang dijual bebas mengobati banyak gejala, dan Bunda mungkin hanya menderita satu atau dua gejala, yang artinya Bunda meminum lebih banyak obat daripada yang dibutuhkan.

Untuk itu, Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk memutuskan pengobatan berdasarkan riwayat kesehatan spesifik Bunda. Bunda mungkin dapat mengonsumsi ekspektoran tertentu untuk meredakan batuk, pereda batuk, obat gosok uap, dan obat batuk.

Tetapi, cara terbaik bagi Bunda yang sedang hamil ialah menghindari untuk sakit. Caranya yakni dengan sering mencuci tangan dan makan makanan sehat. Namun jika teman atau rekan kerja, ataupun anggota keluarga sakit, sebaiknya tetap menjaga jarak agar tidak tertular.

Nah, semoga membantu ya, Bunda.

 

Bunda, simak yuk cara membuat obat batuk dari bahan rumahan di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



 

 

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi