sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Resep Alami Obat Batuk Ibu Hamil dari Bahan Bahan yang Ada di Dapur

Tim HaiBunda Senin, 27 Sep 2021 09:11 WIB
Shot of a pregnant woman having a consultation with her doctor caption
Jakarta -

Batuk merupakan suatu hal yang tidak asing dialami oleh masyarakat. Sebab, kita sendiri tahu bahwa batuk seringkali terjadi bahkan di saat-saat yang tidak dibayangkan, termasuk kehamilan.

Batuk yang membandel tidak bisa sembarang diatasi dengan obat-obatan kimiawi namun harus efektif sebagai obat batuk ibu hamil. Ini karena dikhawatirkan bisa membahayakan janin di dalam kandungan.

Namun, jangan khawatir, Bumil. Karena batuk sejatinya bisa diatasi dengan beberapa obat-obatan alami yang ada di alam. Malah bahan-bahan ini kemungkinan besar tersedia di dapur Bunda. Penasaran?


Banner Tips Parenting Anak CerdasFoto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari

1. Bawang putih
Pertama, bahan alam yang bisa dijadikan sebagai obat batuk alami dari ibu hamil adalah bawang putih. Ya, seperti yang Bunda ketahui juga bahwa bawang putih sendiri merupakan salah satu penangkal alami terhadap flu.

Di mana salah satu gejalanya adalah batuk yang membandel. Bawang putih tentunya aman dikonsumsi oleh Bunda hamil karena tidak mengandung bahan-bahan berbahaya. Dengan mengonsumsi makanan atau suplemen atau obat alami dengan kandungan bawang putih, akan memudahkan Bunda untuk menjalani pemulihan batuk yang lebih cepat dibandingkan dengan yang tidak.

2. Bawang merah
Selanjutnya, obat batuk ibu hamil yang bisa Bunda gunakan adalah bawang merah. Bawang merah juga memiliki efek yang baik terutama untuk penyakit flu karena pada ia mengandung mengandung zat fitochemical yang mana dapat membantu menjaga saluran pernapasan lebih terbuka. Inilah juga kenapa bawang merah kerap juga dijadikan obat tradisional kala Si Kecil batuk dan demam.

Nah, biasanya bawang merah ini dikonsumsi hanya dengan ditambahkan pada makanan yang Bunda santap saja. Atau jika memang Bunda berani mencicip rasa baru yang kuat, bawang merah bisa dijus dengan cara dicampur madu.

3. Lemon dan jeruk nipis
Terakhir obat batuk Bunda hamil yang bisa digunakan adalah lemon dan jeruk nipis. Gabungan kedua hal ini mengandung sifat anti-bakteri. Hal inilah yang membuat jeruk nipis dan lemon dipercaya memberikan khasiat yang baik untuk tubuh.

Namun, mengingat jeruk ini sifatnya asam, Bunda hamil harus tetap mengonsumsi sesuai dengan takaran yang dianjurkan ya. Apalagi jika Bunda memiliki penyakit lambung seperti maag. Dikhawatirkan, lemon yang terlalu banyak diasup malah hanya akan menambah penyakit tambahan pada Bunda. 

Nah, itulah 3 bahan alami yang dapat dijadikan obat batuk ibu hamil. Semoga dengan sedikit pembahasan ini, bisa membantu Bunda mengusir batuk membandel di kala mengandung. (PK)

Simak juga video berikut mengenai cara memantau perkembangan janin, bisa Bunda lakukan dengan mudah lho. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!