sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Manfaat Jeruk Nipis Selama Kehamilan, Bunda Perlu Tahu

Haikal Luthfi Jumat, 06 Nov 2020 16:41 WIB
Mojito garnished with mint and limes. caption
Jakarta -

Kehamilan merupakan momen paling dinantikan bagi setiap pasangan. Selama hamil, tentunya ibu dianjurkan untuk menjalani pola hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan buruk seperti merokok, mengonsumsi alkohol, dan kafein, Bunda.

Adapun, pola hidup yang sehat seperti mengonsumsi makanan sehat dan bergizi agar dapat memenuhi kebutuhan nutrisi untuk kehamilan sehat. Sangat penting untuk memilih makanan yang sehat selama kehamilan karena tubuh memerlukan lebih banyak vitamin, dan mineral yang terkandung pada makanan tersebut.

Pemenuhan nutrisi yang esensial selama kehamilan dalam jumlah cukup sangat penting. Selain baik untuk kesehatan ibu, tentu saja ini merupakan modal yang luar biasa bagi kehidupan bayi dalam kandungan sampai sesudah dilahirkan.


Nutrisi yang baik bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan. Jumlah buah yang direkomendasikan saat hamil muda setidaknya tiga porsi dalam sehari. Demi memenuhi kebutuhan nutrisi, salah satu buah yang bisa dikonsumsi adalah jeruk nipis.

Amankah mengonsumsi jeruk nipis selama kehamilan?

Jeruk nipis banyak mengandung vitamin C, air, vitamin C, zat besi, kalium, gula dan asam sitrat. Dikutip dari Baby Center, jeruk nipis dapat membantu wanita hamil tetap terhidrasi dan menyediakan vitamin C yang membantu tubuh menyerap zat besi lebih efektif, Bunda.

Selain vitamin C, jeruk nipis juga sumber yang baik untuk vitamin A, B1, B2, B5, B6, dan vitamin E. Vitamin-vitamin tersebut sangat penting dalam pertumbuhan, pemeliharaan, dan nutrisi janin yang sedang berkembang.

Berdasarkan penelitian, mengonsumsi air jeruk nipis selama kehamilan dianggap aman. Jeruk nipis bisa dikonsumsi dalam bentuk apa pun. Misalnya diperas dan dicampur dengan air, atau menambahkannya dalam makanan atau minuman.

Manfaat jeruk nipis

Dengan nutrisi yang dikandungnya, jeruk nipis memiliki banyak manfaat yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil, selain menghidrasi. Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat jeruk nipis untuk ibu hamil:

1. Mengatasi sembelit dan gangguan pencernaan

Sembelit dan gangguan pencernaan sering dialami selama kehamilan. Menjadi stimulan hati, air jeruk nipis mengontrol pergerakan usus yang sensitif, sehingga mencegah kondisi seperti sembelit dan diare, Bunda.

Konsumsi air jeruk nipis secara teratur memudahkan buang air besar dan menyembuhkan gangguan pencernaan yang membuat ibu hamil tetap terhidrasi. Selain itu, juga mengurang morning sickness.

2. Menjaga tekanan darah tetap terkendali

Tekanan darah tinggi bukanlah hal yang bagus, terlebih saat sedang hamil. Tekanan darah tinggi justru dapat menyebabkan preeklamsia, suatu kondisi yang mengancam jiwa yang dapat memaksa seorang wanita untuk melahirkan bayinya secara prematur.

Minum air jeruk nipis dipercaya dapat membantu menjaga pembuluh darah tetap sehat. Jeruk nipis dianggap dapat menghilangkan kekakuan yang ada di arteri, sehingga membuatnya menjadi lentur.

3. Sumber vitamin C

Jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin yang sangat mengesankan, khususnya vitamin C. Wanita hamil sering kali kekurangan vitamin C. Buah jeruk seperti jeruk nipis adalah sumber vitamin C yang sangat baik, Bunda.

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis merupakan antioksidan yang kuat yang bertindak sebagai pembersih untuk membuang racun dan radikal bebas. Oleh sebab itu, mendapatkan asupan jeruk nipis secara teratur dapat memberi dosis tambahan vitamin C pada tubuh, sehingga dapat menurunkan ketergantungan akan suplemen vitamin dan cukup dengan mengonsumsi dari sumber yang alami.

4. Mengurangi pembengkakan di kaki

Kebanyakan orang mengalami kaki bengkak selama kehamilan yang menyebabkan ketidaknyamanan. Andree Gruslin, Ketua Kebidanan dan Ginekologi di Universitas Ottawa dan Rumah Sakit Ottawa mengatakan bahwa bagian tubuh yang biasanya bengkak selama kehamilan adalah tangan, kaki, dan pergelangan kaki.

"Hampir setiap wanita hamil akan mengalaminya sampai taraf tertentu," kata Gruslin, seperti dikutip dari Today's Parent.

Satu sendok teh jus jeruk nipis dengan air hangat dapat membantu mengurangi pembengkakan tersebut. Selain itu, campuran jus jeruk nipis dan jus labu pahit membantu mengurangi pembengkakan di kaki sehingga memudahkan untuk berjalan kaki.

5. Memudahkan proses persalinan dan melahirkan

Meskipun tidak ada yang benar-benar dapat mempersiapkan untuk persalinan, campuran air jeruk nipis dan madu dalam air hangat dianggap dapat memudahkan proses persalinan.

Mengutip pulse.ng, minum jus jeruk nipis setiap tiga hari setelah selesainya trimester pertama, dikatakan dapat mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Belum ada bukti medis untuk memvalidasi ini, sehingga diperlukan beberapa penelitian lebih lanjut.

Resiko mengonsumsi jeruk nipis

Meski mengonsumsi jeruk nipis aman selama kehamilan, namun ada beberapa resiko jika dikonsumsi secara berlebihan. Mengutip Medical News Today, beberapa kemungkinan resiko tersebut, yakni:

Erosi gigi

Ibu hamil yang banyak mengonsumsi jeruk nipis beresiko mengalami kerusakan gigi. Kehamilan sendiri bisa membuat wanita lebih rentan mengalami masalah gigi.

Dalam sebuah penelitian, dokter gigi melaporkan erosi enamel parah pada wanita berusia 30 tahun. Dia melaporkan mengonsumsi jus lemon dan air beberapa kali dalam sehari setelah makan.

Erosi gigi terjadi akibat trauma kimiawi dari asam sitrat yang tinggi dalam jeruk nipis. Karena itu, wanita hamil disarankan untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang demi melindungi gigi mereka.

Heartburn

Beberapa ibu hamil mungkin sering mengalami heartburn. Untuk mengurangi efek tersebut, dokter menyarankan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi sedikit tapi lebih sering, tidak berbaring setelah makan, dan menghindari makanan yang bisa memperparah heartburn. Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang tinggi, yang bisa memperburuk gejala heartburn pada beberapa wanita hamil.

Meski jeruk nipis dianggap aman dikonsumsi selama kehamilan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mulai mengonsumsinya ya, Bunda. Itu karena tubuh setiap orang bereaksi berbeda terhadap makanan yang berbeda, apalagi ketika hamil.

Mencari pendapat medis adalah cara terbaik untuk menjauhkan resiko yang tidak diinginkan dari mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.

Bunda bisa simak 14 ciri hamil yang jarang disadari dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(jue/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi