sign up SIGN UP search

kehamilan

Benarkah Makan Jeruk Nipis Bisa Menggugurkan Kandungan? Simak Faktanya

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Rabu, 18 Jan 2023 22:10 WIB
Sudachi, Jeruk Nipis Jepang yang Kecut Unik Ini Dipakai di Restoran Mewah Benarkah Makan Jeruk Nipis Bisa Menggugurkan Kandungan? Simak Faktanya/Foto: istock
Jakarta -

Jeruk nipis merupakan buah yang tidak asing kita jumpai, Bunda. Mengutip dari Repository Poltekkes Denpasar, buah dengan nama latin citrus aurantifolia ini adalah tanaman yang berasal dari Asia dan tumbuh subur pada daerah yang beriklim tropis. Tidak mengherankan jika jeruk nipis dijumpai hampir di seluruh pelosok Indonesia ya. 

Tidak hanya mudah dijumpai, jeruk nipis juga mengandung banyak manfaat yang menyehatkan, Bunda. Tidak hanya kandungan vitamin C saja, jeruk nipis juga mengandung vitamin A, belerang, asam sitrat, glikosida, minyak atsiri dan banyak kandungan lain yang semuanya bagus untuk tubuh. 

Lantas apa benar ya konsumsi jeruk nipis bagi Bunda hamil dapat menggugurkan kandungan? Yuk kita simak faktanya. 


Jeruk nipis menggugurkan kandungan?

Melansir dari banyak sumber, hampir semua menyebutkan bahwa buah yang berasa asam, rata-rata mengandung vitamin C yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh, Bunda. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, tentu saja bukan manfaat kesehatan yang didapat, melainkan sebaliknya. Terutama pada Bunda hamil. 

Banyak penelitian mengatakan bahwa asam bisa menyebabkan pertumbuhan dan pertambahan sel yang justru merusak tumbuh kembang janin. Hal jauh lebih mengerikan, konsumsi asam berlebihan dapat menyebabkan kelainan pada Si Kecil. 

Natrium pada makanan asam juga dapat memicu kenaikan tekanan darah, jika dikonsumsi berlebihan, Bunda. Ini dapat memicu komplikasi kehamilan yang berbahaya seperti eklamsia. Mungkin karena zat asam yang dikandungnya, jeruk nipis kemudian dipercaya dapat menyebabkan keguguran, Bunda. 

Faktanya, berdasarkan data USDA, jeruk nipis dan jus jeruk nipis mengandung serat, karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng (zinc), serta ragam vitamin, Bunda. Vitamin di dalam jeruk nipis meliputi vitamin C, B, E, dan K, termasuk folat dan kolin.

Dikutip dari Baby Center, jeruk nipis dapat membantu Bunda hamil tetap terhidrasi dan menyediakan vitamin C yang membantu tubuh menyerap zat besi lebih efektif, Bunda.

Selain vitamin C, jeruk nipis juga sumber yang baik untuk vitamin A, B1, B2, B5, B6, dan vitamin E. Vitamin-vitamin tersebut sangat penting dalam pertumbuhan, pemeliharaan, dan nutrisi janin yang sedang berkembang.

Nah, Bunda jadi semakin mengerti ya jika jeruk nipis dapat menggugurkan kandungan adalah mitos yang kurang dasar. Sebab, kandungan nutrisi jeruk nipis justru sangat bermanfaat untuk Bunda dan janin. 

Jika pun terdapat risiko yang terjadi pada Bunda setelah mengonsumsinya, pastikan itu karena Bunda sudah mempunyai gangguan kesehatan tertentu sebelumnya, sehingga mungkin saja Bunda harus membatasi konsumsi zat asam melebihi ambang yang dianjurkan untuk Bunda ya. 

Ketahui apa saja manfaat jeruk nipis untuk kehamilan di halaman berikutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 7 makanan yang bisa sebabkan keguguran.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
MANFAAT JERUK NIPIS UNTUK KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!