sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan yang Akurat Berdasarkan Penelitian

Haikal Luthfi Jumat, 04 Dec 2020 17:04 WIB
infant sleeping in basket with accessory - head band, baby girl lying on pink blanket, cute child, newborn announcement caption
Jakarta -

Memiliki anak merupakan sebuah anugerah bagi orang tua dan keluarga, Bunda. Meski begitu, beberapa orang tua menginginkan anak dengan jenis kelamin tertentu, misalnya perempuan.

Ada banyak metode ilmiah untuk mendapatkan anak perempuan. Salah satunya metode Dr. Shettles. Ini merupakan konsep yang cukup terkenal dalam membantu merencanakan jenis kelamin anak.

Metode ini dikembangkan oleh Ladrum B. Shettles pada tahun 1960 silam, Bunda. Dalam buku yang berjudul 'How to Choose the Sex of Your Baby' disebutkan bahwa metode ini memiliki tingkat keefektifan sebesar 75-90 persen.


Dalam konsepnya, Shettles menjelaskan bahwa sperma pria terbagi menjadi dua tipe, yaitu sperma Y (disebut endosperma) dan sperma X (disebut gymnesperm). Masing masing sperma ini mempunyai sifat yang berbeda-beda.

Perbedaan sifat inilah yang dipakai sebagai pedoman dalam memilih jenis kelamin anak. Dalam lingkungan asam, kondisi tersebut merugikan sperma Y, tetapi ini justru menguntungkan sperma X, sehingga memberi peluang untuk mendapatkan anak perempuan.

Mitos hamil anak perempuan

Seringkali kita mendengar mitos-mitos seputar kehamilan yang dipercaya jadi pertanda seorang wanita sedang hamil anak perempuan, Bunda. Dirangkum dari berbagai sumber, beberapa mitos tersebut, di antaranya:

Two month infant girl is lying on knitted blanket with ribbon on headBayi perempuan/ Foto: instagram

1. Perubahan suasana hati

Perubahan hormon selama kehamilan seringkali dapat menyebabkan perubahan suasana hati. Beberapa orang berpikir bahwa wanita yang mengandung anak perempuan memiliki tingkat estrogen yang lebih tinggi, namun penelitian tersebut tidak mendukung teori ini.

Bunda perlu tahu bahwa kadar hormon meningkat selama kehamilan dan turun setelah melahirkan terlepas dari apakah bayinya laki-laki atau perempuan.

2. Bentuk perut

Jika perut seorang wanita yang hamil terlihat bulat, maka ini menandakan akan memiliki anak perempuan. Soal itu, tidak ada bukti ilmiahnya, Bunda. Bentuk perut ibu hamil biasanya dipengaruhi oleh bentuk tubuh, usia kehamilan, berat badan ibu, posisi bayi, dan bentuk rahimnya.

"Itu (bentuk perut) tergantung pada posisi bayi dan berapa kali hamil sebelumnya, sehingga memengaruhi bentuk perut dan rahim ibu hamil. Selain itu, bagaimana berat badannya saat hamil," kata Obgyn di Calla Women's Hospital di New York, Kameelah Philips, dikutip dari Parents.

3. Mengidam makanan manis

Wanita sering kali mengalami ngidam saat hamil. Beberapa orang berpikir jika seorang wanita mengidam makanan manis, menandakan dia sedang mengandung bayi perempuan, sedangkan jika mengidam makanan asin berarti sedang mengandung bayi laki-laki.

4. Urine berwarna kuning cerah

Sebagian ibu meyakini bahwa jika urinenya berwarna kuning cerah, maka dia sedang mengandung anak perempuan. Kenyataannya, warna urine bervariasi setiap harinya lho. Warna urine berkaitan dengan hidrasi, infeksi, vitamin, atau diet.

5. Kulit berminyak dan rambut kusam

Beberapa orang percaya bahwa memiliki kulit berminyak dan rambut kusam bisa jadi sedang mengandung bayi perempuan. Namun faktanya, perubahan produksi minyak atau penampilan rambut selama kehamilan mungkin terkait dengan perubahan hormonal atau perubahan pola makan.

6. Detak jantung bayi cepat

Beberapa orang percaya bahwa jika jantung bayi berdetak kencang, kemungkinan besar mereka adalah perempuan. Ini merupakan mitos, tidak ada hubungannya antara detak jantung dengan janin laki-laki maupun perempuan.

Ciri hamil anak perempuan

Lalu seperti apa ciri-ciri hamil anak perempuan? Mengutip laman Greatist, selama proses pembuahan, sel telur selalu menyumbang kromosom X. Jika sperma memberikan kromosom X juga, kemungkinan Bunda akan memiliki anak perempuan. Namun, jika itu kromosom Y, maka kemungkinan anak laki-laki.

Dalam pembentukan gen pada masing-masing kromosom, baik itu X dan Y tidak bisa terlihat sampai sekitar enam atau tujuh minggu, Bunda. Sehingga ini tergantung pada produksi hormon testosteron, yang memicu perkembangan alat kelamin dan saluran reproduksi bayi.

Selain itu, jenis kelamin bayi tidak mulai terbentuk sampai minggu kesebelas. Sampai ketika setelah dilakukan tes USG atau DNA yang merupakan cara untuk mengintip jenis kelamin bayi sebelum kelahirannya.

Mengutip What to Expect, adapun ciri-ciri yang mungkin terjadi jika Bunda akan memiliki anak perempuan berdasarkan penelitian, yakni:

1. Hiperemesis gravidarum

Tak sedikit calon ibu menderita mual dan muntah parah atau hiperemesis gravidarum yang seringkali menyebabkan penurunan berat badan, kekurangan gizi, dan dehidrasi. Penelitian menemukan bahwa wanita yang hamil dengan anak perempuan secara signifikan lebih mungkin mengalami hiperemesis gravidarum selama kehamilan.

2. Mudah lupa

Untuk alasan yang tidak diketahui, beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang melahirkan anak perempuan secara konsisten kurang berkinerja dalam tes memori, khususnya di bidang keterampilan mendengarkan, komputasi dan visualisasi, dibandingkan dengan ibu yang mengandung anak laki-laki.

3. Stres berat

Semakin stres saat mengandung, semakin besar kemungkinan berpeluang memiliki anak perempuan, menurut beberapa penelitian. Itu karena anak perempuan mungkin kurang rentan terhadap kondisi yang tidak menguntungkan di dalam rahim dibandingkan anak laki-laki.

Dengan kata lain, wanita dengan stres tinggi yang melahirkan anak perempuan mungkin pernah hamil dengan anak laki-laki di masa lalu tetapi mengalami keguguran sebelum menyadari bahwa mereka hamil. Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa calon ibu yang dilaporkan mengalami stres fisik dan psikologis lebih mungkin melahirkan anak perempuan.

4. Bayi sungsang

Sebuah studi tahun 2015 yang menghubungkan pada kelahiran sungsang di Hongaria antara tahun 1996 dan 2011 menemukan bahwa bayi sungsang secara signifikan lebih mungkin adalah anak perempuan ketimbang anak laki-laki, Bunda.

Simak juga Bunda, ciri hamil dilihat dari perubahan kulit pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi