sign up SIGN UP search


kehamilan

12 Tanda Hamil Muda yang Aneh, Bunda Perlu Tahu

Annisa Afani Sabtu, 12 Sep 2020 08:34 WIB
Tired mother of hyperactive child having headache caption
Jakarta -

Kehamilan merupakan hal yang diidam-idamkan oleh pasangan suami istri ya, Bunda. Sebagian wanita akan menunjukkan tanda-tanda hamil pada awal kehamilan.

Selama trimester pertama kehamilan, akan terjadi perubahan hormonal yang signifikan, sehingga memicu munculnya gejala atau tanda kehamilan. Tanda-tanda ini mungkin akan muncul pada minggu-minggu pertama kehamilan.

Tanda-tanda awal kehamilan yang umum, seperti mual dan muntah yang dikenal sebagai morning sickness, ataupun periode menstruasi yang terlewat. Selain tanda-tanda tersebut, ada tanda awal kehamilan yang aneh lho, yang mungkin tidak semua wanita mengalaminya.


Berikut ini beberapa tanda-tanda hamil yang aneh, dikutip dari Medical News Today:

1. Mimisan

Mimisan cukup umum terjadi selama dalam masa kehamilan, Bunda. Hal ini karena adanya perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh. Mimisan yang terjadi ini pun jarang terkait dengan masalah serius, sehingga cenderung bisa ditangani di rumah.

2. Perubahan suasana hati

Perubahan suasana hati terjadi akibat perubahan hormonal pada beberapa minggu pertama kehamilan. Wanita hamil mungkin akan merasa lebih emosional dari biasanya, Bunda.

Emosi yang meningkat ini normal kok. Namun Bunda bisa untuk mendiskusikan perubahan suasana hati dengan penyedia layanan kesehatan.

3. Sakit kepala

Dengan meningkatnya kadar estrogen dalam tubuh wanita hamil, maka dapat menyebabkan sakit kepala, Bunda. Selain karena hormon meningkat, sakit kepala juga dapat terjadi akibat stres ataupun kelelahan yang membuat kepala terasa tegang.

Saat ingin mengonsumsi obat sakit kepala yang dijual secara bebas, ada baiknya Bunda memeriksakan diri atau konsultasi lebih dahulu dengan dokter, ya Bunda.

4. Pusing

Tekanan darah bisa turun selama awal kehamilan karena pembuluh darah membesar untuk mengirim lebih banyak darah ke rahim sehingga bisa menyebabkan pusing. Selain itu, pusing ini juga bisa terjadi karena kelelahan, kadar gula darah rendah, maupun stres.

Untuk membantu meredakannya, Bunda bisa mencoba mengonsumsi makanan dalam porsi kecil dan teratur. Selain itu, berusahalah mengendalikan stres.

5. Jerawat

Tanda awal kehamilan lain yang dialami oleh wanita adalah jerawat, Bunda. Biasanya bagi wanita yang memang sudah berjerawat, maka kondisinya akan semakin parah saat terjadi kehamilan.

The American College of Obstetricians and Gynecologists menyarankan beberapa hal berikut untuk mengatasi jerawat selama kehamilan:

  • Mencuci muka dua kali sehari dengan pembersih ringan dan air hangat
  • Tidak memencet atau menekan luka jerawat untuk mengurangi kemungkinan jaringan parut
  • Memilih kosmetik yang bebas minyak
  • Konsultasi dengan ahlinya sebelum menggunakan produk apa pun untuk memastikannya aman digunakan selama kehamilan

6. Indera penciuman menjadi lebih tajam

Gejala awal kehamilan lainnya yang dapat terjadi ialah semakin tajamnya indra pencium. Gejala ini mungkin muncul sebagai bentuk berkurangnya toleransi terhadap bau tertentu, atau karena penciuman menjadi lebih sensitif.

Dalam beberapa kasus, kepekaan ini dapat menyebabkan mual hingga muntah. Untuk mengatasinya, cobalah untuk menghindari sumber bau atau menggunakan sesuatu yang dapat menghalanginya.

7. Rasa aneh di mulut

Para ahli percaya bahwa perubahan hormonal pada wanita hamil dapat menyebabkan kondisi yang disebut sebagai dysgeusia, Bunda. Beberapa wanita biasanya mengeluh memiliki rasa logam di mulut pada mulutnya atau merasa terlalu banyak air liur. Meski mungkin mengganggu dan tidak nyaman, tapi tanda ini tidak perlu dikhawatirkan.

8. Keputihan

Kebanyakan wanita mengalami keputihan selama siklus menstruasi. Sementara keputihan yang terjadi saat hamil ini keluarnya dengan tampilan bening, putih, atau lengket. Hal ini normal selama kehamilan ya, Bunda, sehingga tidak perlu merasakan kekhawatiran yang berlebih.

Bidan yang berbasis di Vancouver, Kerry Harris mengatakan bahwa keputihan yang terjadi saat hamil merupakan hal yang wajar. "Hal ini biasa yang terjadi selama kehamilan," katanya, dikutip dari Today's Parents.

Namun dalam satu situasi, Bunda perlu untuk memeriksakannya apabila keputihan memiliki tanda-tanda, seperti:

1. Tidak berwarna putih atau bening
2. Menimbulkan bau yang tidak sedap
3. Disertai dengan rasa gatal, atau nyeri

"Jika (keputihan) berubah dari normal, sebaiknya dibicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda," ujar Harris.

9. Mengidam atau menolak sesuatu

Selama awal kehamilan, wanita mungkin mengalami perubahan yang berhubungan dengan selera makan. Bahkan ada juga bagi beberapa wanita hamil yang secara tiba-tiba tidak lagi mau makan makanan favoritnya, atau tiba-tiba suka makanan yang sebelumnya tidak disukai.

10. Kelelahan

Merasa kelelahan juga menjadi gejala umum di awal kehamilan lainnya, Bunda. Kelelahan ini bisa disebabkan oleh banyaknya perubahan hormon yang berlangsung di dalam tubuh saat hamil.

11. Sesak napas

Peningkatan hormon progesteron yang terjadi pada beberapa minggu pertama kehamilan juga bisa menyebabkan beberapa wanita mengalami sulit bernapas lebih sering dari biasanya. Akibatnya, wanita hamil akan merasa bahwa dirinya mengalami sesak napas .

12. Sembelit

Perubahan hormonal juga bisa menyebabkan beberapa wanita mengalami masalah perut seperti sembelit selama kehamilan, Bunda. Dengan tingginya kadar progesteron, membuat dinding usus menjadi rileks sehingga mempersulit buang air besar.

Gejala ini lebih sering terjadi di akhir kehamilan, Bunda. Namun bagi beberapa wanita hamil ada juga yang merasakannya pada trimester pertama.

Bunda, simak juga 14 ciri kehamilan yang jarang diketahui seperti dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi