kehamilan

15 Ciri-ciri Hamil yang Wajib Bunda Ketahui

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 02 Oct 2018 17:34 WIB
15 Ciri-ciri Hamil yang Wajib Bunda Ketahui
Jakarta - Salah satu kondisi yang umum jadi ciri-ciri hamil adalah nggak haid. Namun, sudah pasti ada kondisi lain yang jadi ciri-ciri hamil. Nah, ketika Bunda mengalami ciri-ciri hamil berikut ini, coba pastikan dengan cek ke dokter.

Dilansir Health Line, minggu pertama kehamilan dihitung sejak tanggal terakhir haid. Ya, walaupun umumnya di minggu-minggu pertama kehamilan Bunda belum merasakan sesuatu yang berarti. Nah, berikut ini 15 ciri-ciri hamil yang terjadi di minggu-minggu pertama kehamilan.

1. Kram dan Flek


Sel telur yang dibuahi akan membentuk blastokista (sel berisi cairan). Di minggu ke-10 sampai 14 setelah konsepsi blastokista bakal menempel di endometrium dan menyebabkan pendarahan saat implantasi. Nah, seringnya pendarahan ini dikira darah haid, Bun.

Warna flek biasanya merah mudah, merah, dan cokelat. Flek pun biasanya hanya kelihatan saat menyeka vagina. Pendarahan ini umum terjadi selama tiga hari, bisa disertai kram perut ringan, sedang, atau berat.

2. Nggak Haid

Setelah implantasi selesai, tubuh akan memproduksi human chorionic gonadotropin (hCG) untuk membantu tubuh mempertahankan kehamilan dan memerintahkan ovarium berhenti merilis sel telur matang tiap bulan. Pada wanita dengan siklus haid teratur biasanya empat minggu setelah pembuahan nggak terjadi menstruasi.

Ciri-ciri hamilCiri-ciri hamil/ Foto: Thinkstock
3. Suhu Tubuh Meningkat

Ciri-ciri hamil lainnya adalah meningkatnya suhu tubuh basal. Dalam kondisi ini, usahakan minum cukup air ya, Bun.

4. Kelelahan

Kelelahan juga bisa jadi ciri-ciri hamil, Bun. Apalagi kadar progesteron meningkat hingga Bunda pun gampang ngantuk.

5. Detak Jantung Meningkat

Ciri-ciri hamil yang terjadi di minggu ke-8 sampai 10 kehamilan adalah meningkatnya detak jantung karena jantung lebih banyak memompa darah yang salah satunya dialirkan ke bayi melalui plasenta.

Ciri-ciri hamilCiri-ciri hamil/ Foto: thinkstock
6. Perubahan Payudara

Payudara Bunda terasa berubah seperti membengkak? Itu bisa jadi ciri-ciri hamil, Bun. Perubahan pada payudara terjadi di minggu ke-4 sampai 6 dan akibat perubahan hormon. Puting dan areola juga mengalami perubahan, Bun.

7. Perubahan Mood

Perubahan kadar estrogen dan progesteron menyebabkan mood ibu hamil gampang berubah.

8. Lebih Sering Pipis

Ciri-ciri hamil lainnya adalah Bunda jadi lebih sering pipis. Saat hamil, kadar darah dalam tubuh meningkat sehingga ginjal pun memproduksi lebih banyak cairan.

Ciri-ciri hamilCiri-ciri hamil/ Foto: Thinkstock
9. Perut Kembung dan Sembelit

Perut kembung dan sembelit yang rasanya seperti saat awal menstruasi juga bisa jadi ciri-ciri hamil, Bun. Ini akibat pengaruh perubahan hormon yang bikin kerja sistem cerna kita lebih lambat.

10. Mual dan Muntah

Di minggu ke-4 sampai 6 kehamilan, Bunda biasanya mengalami mual muntah. Ini karena perubahan hormon dan jangan khawatir, Bun, pada sebagian besar ibu mual dan muntah mereda setelah memasuki trimester kedua.

Ciri-ciri hamilCiri-ciri hamil/ Foto: thinkstock
11. Tekanan Darah Rendah dan Pusing

Melebarnya pembuluh darah di awal kehamilan memicu turunnya tekanan darah. Sehingga, tekanan darah rendah diiringi pusing bisa jadi ciri-ciri hamil.



12. Sensitif Terhadap Bau

Ciri-ciri hamil lainnya adalah sensitif terhadap bau. Memang belum ada banyak bukti ilmiah tentang ciri-ciri hamil. Namun, sebuah laporan di tahun 1922 hingga 2014 menunjukkan sensitivitas penciuman ibu hamil meningkat tajam di trimester awal kehamilan.

13. Bobot Naik

Berat badan Bunda naik disertai beberapa gejala yang sudah disebutkan di atas? Wah, bisa jadi Bunda sedang hamil. Memang, di awal kehamilan naiknya bobot nggak drastis, sekitar 0,4 sampai 1,6 kg.

Ciri-ciri hamilCiri-ciri hamil/ Foto: thinkstock
14. Heartburn

Perubahan hormon di awal kehamilan bisa membuat katup antara perut dan kerongkongan rileks. Akibatnya, asam lambung lebih mudah naik dan heartburn pun sering dialami ibu di awal-awal kehamilannya.

15. Kulit Lebih Glowing atau Berjerawat

Kombinasi meningkatnya volume darah dan hormon saat hamil bisa menyebabkan lebih banyak darah mengalir di pembuluh darah. Akibatnya, kulit tampak lebih merah dan glowing. Atau, sebaliknya Bunda bisa lebih mudah berjerawat.

Bila Bunda mengalami beberapa ciri-ciri hamil di atas, nggak ada salahnya cek ke dokter. Dijelaskan dr Hari Nugroho SpOG, tes hamil melalui urine pada dasarnya mendeteksi kadar (beta hCG) beta subunit dari human chorionic gonadotropin. Kepekaan tiap alat dalam memberikan nilai positif pun berbeda-beda, sekitar 10-100mIU/mL.

"Pada kehamilan awal kadang kadar beta hCG belum terlalu meningkat. Tes kehamilan paling akurat dan paling cepat adalah memeriksakan kadar EPF (early pregnancy factor) dalam darah. Kadarnya sudah meningkat 48 jam pasca bertemunya sel telur dan sperma (fertilisasi). Tetapi pemeriksaan ini mahal dan sulit," tutur dr Hari dikutip dari detikcom.


Ciri-ciri hamilCiri-ciri hamil/ Foto: thinkstock
(rdn/nwy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi