sign up SIGN UP search

kehamilan

Cara Membuat Anak Kembar Berdasarkan Posisi Seks

Annisa Afani Senin, 14 Dec 2020 22:06 WIB
Seven week old fraternal, twin baby girls sleeping on a white flokati rug. caption
Jakarta -

Melahirkan menjadi salah satu momen berharga bagi setiap wanita. Bahkan, momen tersebut membawa kebahagiaan ganda dengan kelahiran anak kembar.

Sebagian besar kehamilan kembar terjadi tanpa perencanaan atau pada pasangan yang memiliki genetik tertentu yang diturunkan. Meski begitu, sebenarnya siapapun dapat meningkatkan peluang memiliki anak kembar jika melakukan beberapa tindakan tertentu, seperti perawatan kesuburan dan posisi seks yang berbeda.

"Seorang wanita bisa hamil kembar atau kelipatan baik secara kebetulan (faktor genetik) atau karena beberapa perawatan medis," kata Rebecca Malachi (BSc), ahli nutrisi kehamilan, mengutip Mom Junction.


Faktor-faktor meningkatkan hamil kembar

Studi menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang dapat mendukung dan meningkatkan peluang ibu hamil mengandung bayi kembar. Mengutip Parenting Firstcry, berikut ini di antaranya:

1. Pernah hamil

Wanita yang pernah mengandung beberapa kali dikatakan dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya pembuahan ganda. Setelah pertama kali mengandung, kesempatan untuk kembali hamil menjadi jauh lebih mudah dan memiliki anak kembar menjadi kemungkinan yang lebih tinggi.

2. Tipe tubuh

Penelitian membuktikan bahwa wanita yang lebih tinggi dan lebih berat memiliki peluang lebih baik untuk mengandung anak kembar dibandingkan dengan wanita dengan ukuran tubuh lebih pendek dan kurus, Bunda.

"Lemak ekstra menyebabkan peningkatan kadar estrogen. Tingkat estrogen yang lebih tinggi dapat menyebabkan stimulasi berlebihan pada ovarium. Alih-alih melepaskan hanya satu sel telur saat ovulasi, ovarium bisa melepaskan dua atau lebih," kata perawat terdaftar, Rachel Gurevich, dikutip dari Very Well Family.

Sementara wanita yang lebih tinggi dari 161,8 centimeter (cm) juga diyakini memiliki kesempatan lebih besar untuk hamil kembar daripada wanita yang lebih pendek.

Menurut Rachel, hal ini masih belum jelas, tetapi satu teori menyatakan bahwa nutrisi yang lebih baik dapat meningkatkan tinggi badan, dan sebagian dari itu dapat meningkatkan angka hamil kembar.

3. Keturunan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, genetika memiliki peran besar untuk mendapatkan anak kembar. Peluang hamil kembar lebih besar dari genetik pihak ibu.

4. Usia ibu

Wanita di atas usia 30 tahun memiliki hormon perangsang folikel yang dapat meningkatkan kemungkinan punya anak kembar. Kadar hormon ini mendukung pelepasan sel telur dalam jumlah yang lebih besar selama ovulasi, sehingga meningkatkan kemungkinan melahirkan lebih dari satu bayi.

5. Etnis

Ras juga memainkan peran penting lho, Bunda. Perlu untuk diketahui, ternyata angka kelahiran bayi kembar di Asia dan Amerika Latin kurang dari delapan per 1.000 kelahiran. Wanita asal Eropa atau Afrika memiliki peluang lebih baik untuk mengandung anak kembar.

Perawatan Kesuburan

Perawatan kesuburan memberikan peluang lebih baik untuk memiliki anak kembar. Itu karena beberapa obat kesuburan diketahui dapat merangsang ovarium untuk melepaskan lebih dari satu sel telur pada saat ovulasi.

"Perawatan kesuburan dapat meningkatkan ovulasi sehingga menyebabkan kembar dua atau kelipatan tingkat tinggi," tutur Rachel.

Beberapa pilihan perawatan kesuburan untuk mendapatkan anak kembar, di antaranya:

1. Bayi tabung

Program bayi atau fertilisasi in vitro (IVF) diketahui dapat mendukung seorang wanita hamil anak kembar, Bunda. Untuk meningkatkan kemungkinan tersebut, para ahli perawatan kesehatan mungkin menempatkan lebih dari satu embrio ke dalam rahim. Jika keduanya berhasil ditanamkan dan dikembangkan maka ini akan menghasilkan kehamilan kembar.

2. Inseminasi intrauterine

Dalam prosedur Inseminasi intrauterine (IUI), sperma disuntikkan ke dalam rahim menggunakan jarum. Cara ini membuat wanita yang menjalani perawatan harus mengonsumsi obat kesuburan untuk meningkatkan kemungkinan hamil kembar.

4. Gonadotropin

Ini adalah obat-obatan yang dapat meningkatkan kemungkinan memiliki bayi kembar karena meningkatkan kesehatan sel telur secara keseluruhan dan kematangannya, Bunda. Gonadotropin cenderung merangsang pelepasan sel telur lebih dari satu secara sekaligus.

5. Clomiphene citrate

Ada sekitar 10 persen kemungkinanĀ ibu hamil mengandung anak kembar dengan bantuan obat clomiphene citrate, Bunda, Wanita yang sudah memiliki probabilitas lebih tinggi atau kelahiran kembar juga dapat meningkatkan peluang ini lebih jauh. Obat ini dapat diminum sebelum mencoba perawatan reproduksi seperti in vitro untuk meningkatkan produksi telur.

"Ini juga dapat membantu mengobati ketidakseimbangan hormon pada pria, yang dapat memengaruhi kualitas serta kuantitas sperma, dan motilitasnya," ungkap Rachel.

Posisi seks untuk hamil kembar

Sebelum mencoba perawatan kesuburan, ada baiknya Bunda dan Ayah mencoba cara alami. Misalnya, mengonsumsi produk susu. Mengutip Happy Mom, penelitian yang dilakukan oleh Dr Gary Steinman bahwa produk susu berkorelasi dengan kehamilan kembar karena mengandung hormon pertumbuhan yang dapat meningkatkan hamil anak kembar.

Selain itu, mengonsumsi ubi liar yang diyakini bisa merangsang hiper ovarium atau pelepasan lebih dari satu sel telur ketika ovulasi. Penelitian lain juga menemukan bahwa wanita yang hamil saat menyusui lebih cenderung hamil anak kembar. Ayah yang mengonsumsi makanan kaya zinc juga membantu meningkatkan peluang wanita hamil kembar lantaran zinc dapat meningkatkan kadar sperma.

Di samping itu, ternyata beberapa posisi seks juga diyakini bisa membantu membuat anak kembar lho, Bunda. Berikut ini beberapa posisi seks tersebut, dikutip dari berbagai sumber:

1. Posisi side by side

Ini juga dikenal sebagai doggy style, Bunda. Posisi ini dianggap dapat meningkatkan hamil kembar karena dalam posisi ini sperma lebih mudah mendekati serviks.

2. Posisi standing up

Posisi berdiri ini juga merupakan doggy style lainnya. Posisi ini diyakini memiliki peluang penetrasi yang dalam dan dapat memengaruhi kesempatan untuk memiliki anak kembar.

3. Posisi misionaris

Posisi man-on-top membantu sperma masuk ke sel telur dengan mudah. Ini adalah posisi seks terbaik untuk menghasilkan anak kembar.

4. Posisi rear entry

Di sini, pasangan memasukan penis dari belakang, Bunda. Dan dalam posisi ini, penetrasi ke vagina menjadi lebih dalam, sehingga memudahkan sperma masuk ke serviks.

Bunda, ini merupakan cara untuk hamil anak kembar, meski mungkin tidak selalu berhasil. Namun, Bunda dan Ayah bisa mencoba peruntungan dengan satu atau lebih metode di atas untuk membuat anak kembar. Semoga berhasil ya, Bunda.

Bunda, simak juga yuk fakta dan mitos anak kembar dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!