sign up SIGN UP search


kehamilan

Ibu Hamil Positif COVID-19 Melahirkan di Wisma Atlet, Bayinya Diberi Nama Unik

Yuni Ayu Amida   |   Haibunda Selasa, 15 Dec 2020 17:23 WIB
New born by caesarean section in Covid-19 and his mother with mask caption
Jakarta -

Sebuah momen langka yang mengharukan terjadi di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Bunda. Seorang ibu hamil yang terinfeksi COVID-19 berhasil melahirkan bayi perempuan dengan selamat pada Sabtu 12 Desember 2020.

Ialah Vini, warga Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang harus menjalani persalinan darurat di tempat yang difungsikan sebagai RS darurat COVID-19. Atas kejadian tersebut, Vini tercatat menjadi satu-satunya pasien COVID-19 yang melahirkan di Wisma Atlet.

"Kemarin lahir bayi perempuan di Tower 4 Wisma Atlet. Ibu tersebut ketika dibawa ke sini sudah 9 bulan ya, 29 November dibawa ke Wisma Atlet. Untuk saat ini dirujuk ke RS Mitra Keluarga bersama bayinya," kata Komandan Lapangan RSD Wisma Atlet Kemayoran, Letkol Muhammad Arifin.


Dikatakan Arifin, saat menjalani persalinan, Vini dibantu oleh tim medis dan paramedis RSD Wisma Atlet. Vini berhasil menjalani persalinan secara normal, kini kondisinya sehat dan stabil.

Arifin juga menyebut bahwa bayi Vini nantinya akan menjalani pemeriksaan menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) atau tes swab. Tujuannya yakni memastikan apakah sang bayi ikut terpapar virus Corona atau tidak.

Dalam penuturannya, Arifin juga mengatakan bahwa kejadian melahirkan seperti yang dialami Vini ini merupakan yang pertama kali terjadi di Wisma Atlet, Bunda. Karena biasanya Wisma Atlet tidak menerima kriteria pasien seperti Vini, dan hanya menerima pasien COVID-19 dengan kondisi gejala ringan hingga sedang saja.

"Karena sebenarnya pasien hamil tidak masuk dalam kriteria penerimaan yang bisa masuk dan dirawat di sini karena fasilitas persalinannya tidak ada. Namun karena memperhatikan faktor kemanusiaan waktu pasien datang ke sini malam-malam, sehingga diterima," ucapnya.

Klik halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga perlindungan ibu dan bayi dari COVID-19 dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner dapur rumah minimalisFoto: HaiBunda



Nama Sang Bayi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!