sign up SIGN UP search


kehamilan

Manfaat Pisang Selama Kehamilan, Bisa Redakan Mual dan Muntah Lho

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 05 Jan 2021 07:09 WIB
pregnant woman on living room with healthy fruit juice and eating banana caption

Jakarta - Mengonsumsi makanan sehat selama kehamilan sangat penting ya, Bunda. Selain mengonsumsi sayuran, Bunda juga perlu memasukkan asupan buah-buahan agar bayi di dalam kandungan mendapatkan nutrisi yang tepat untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Salah satu buah yang penting dimasukkan dalam list makanan harian Bunda yakni pisang.

Pisang diketahui bukan saja lezat tetapi juga bernutrisi. Pisang merupakan buah tropis yang mengandung vitamin esensial, mineral, karbohidrat, dan serat makanan. 

Semua nutrisi tersebut dapat membantu perkembangan janin yang sehat selama kehamilan. Itulah alasannya mengapa pisang penting dijadikan pilihan makanan bagi Bunda yang sedang hamil karena manfaat pisang buat ibu hamil sangatlah beragam.


Menurut Megha Mukhija seorang nutrisionis, pisang diketahui dapat membantu meredakan muntah dan mual yang kerap dialami para ibu hamil.

"Pisang kaya akan vitamin B6 atau piridoksin. Vitamin B6 ini dapat menyembuhkan mual dan morning sickness. Makanya, dengan mengonsumsi pisang terutama pada trimester pertama sangatlah dianjurkan," ujarnya seperti dikutip dari laman Parenting First Cry.

Selain itu, manfaat pisang untuk ibu hamil juga dapat membantu menurunkan risiko edema. Banyak wanita hamil mengalami edema atau retensi air pada trimester kedua dan ketiga kehamilannya. 

Risiko edema pun dapat menyebabkan pembengkakan pada pergelangan kaki dan persendian lainnya. Nah, dengan mengonsumsi pisang, risiko tersebut dapat diminimalisir ya, Bunda. 

Melansir Standardmedia, beberapa manfaat pisang bagi ibu hamil juga tak kalah penting lho, Bunda. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Meningkatkan hemoglobin

Kekurangan zat besi adalah penyebab paling umum dari rendahnya kadar hemoglobin. Kebanyakan ibu hamil menderita anemia karena kadar hemoglobin biasanya cukup rendah. 

Dengan mengonsumsi pisang tentunya dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh di mana dapat meningkatkan sel darah merah dalam darah dan membantu kadar hemoglobin meningkat. Serta, dapat mencegah berbagai macam komplikasi pada kehamilan. 

Apa lagi manfaat pisang untuk ibu hamil? Simak ulasan lengkapnya di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga cara menggoreng pisang agar crispy dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Maia Estianty Sembuh Covid-19



(rap/rap)
Manfaat Pisang Buat Ibu Hamil
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi