sign up SIGN UP search


kehamilan

9 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi Bumil demi Penuhi Nutrisi Bunda & Janin

Annisa Afani Senin, 20 Jul 2020 07:47 WIB
Ilustrasi wanita hamil makan jeruk atau buah caption
Jakarta -

Selama Bunda hamil, makanan atau minuman yang dikonsumsi yang diperhatikan. Itu karena ibu hamil perlu mendapat nutrisi yang lengkap untuk dirinya dan janin di dalam kandungan.

Biasanya, ibu hamil melakukan diet sehat untuk memenuhi nutrisi hanya pada makanan berat tertentu, padahal buah-buahan juga bisa memenuhi nutrisi ibu hamil. Karena itu, tidak ada salahnya Bunda mau coba diet buah yang kaya akan nutrisi.

Dilansir dari Medical News Today, beberapa buah yang baik untuk Bunda konsumsi selama kehamilan, di antaranya:


1. Jeruk

Jeruk adalah sumber vitamin yang bagus karena mengandung vitamin C, air, dan folat lho, Bunda. Vitamin C yang dikandungnya juga membantu mencegah kerusakan sel, membantu penyerapan zat besi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sedangkan folat berguna membantu mencegah cacat tabung saraf, yang dapat menyebabkan kelainan otak dan sumsum tulang belakang pada bayi. Cacat tabung saraf bisa menyebabkan kondisi seperti spina bifida, di mana sumsum tulang belakang tidak berkembang dengan baik, dan anencephaly, di mana sebagian besar otak dan tengkorak hilang.

2. Mangga

Mangga kaya akan vitamin A dan C lho, Bunda. Dalam satu cangkir jus mangga, menyediakan sekitar 100 persen dari angka kebutuhan gizi (AKG) vitamin C dan lebih dari sepertiga dari AKG untuk vitamin A dalam kandungannya.

3. Pir

Bunda, dalam buah pir juga terdapat beberapa kandungan yang dibutuhkan ibu hamil lho, di antaranya serat, kalium, dan folat. Mendapatkan banyak serat selama kehamilan itu penting karena membantu meringankan sembelit yang menjadi gejala umum selama kehamilan.

Selain itu, pir juga mengandung potasium, Bunda. Ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jantung untuk ibu dan bayi. Selain itu, dapat merangsang terjadinya regenerasi sel.

4. Delima

Buah delima mengandung nutrisi seperti vitamin K, kalsium, folat, besi, protein, dan serat. Sebagai salah satu dari buah dengan padat nutrisi, delima juga menjadi sumber energi yang baik dengan kandungan zat besinya yang tinggi, Bunda.

Penelitian juga membuktikan bahwa dengan meminum jus buah delima dapat membantu mengurangi risiko cedera pada plasenta, Bunda.

5. Alpukat

Alpukat menjadi buah yang juga padat nutrisi, Bunda. Di dalamnya terkandung vitamin C, vitamin E, vitamin K, asam lemak tak jenuh tunggal, serat, Vitamin B, kalium, serta tembaga.

Alpukat juga mengandung lemak sehat yang menyediakan energi dan membantu mencegah cacat tabung saraf. Buah ini juga mampu meningkatkan sel-sel yang bertanggung jawab membangun kulit dan jaringan otak bayi yang sedang berkembang.

Sedangkan kalium dalam alpukat dapat meredakan kram kaki yang menjadi salah satu gejala selama kehamilan, terutama pada trimester ketiga.

Manfaat makan alpukat tiap hariAlpukat / Foto: Getty Images/iStockphoto/serezniy

6. Jambu biji

Jambu biji adalah pilihan buah yang sangat baik untuk orang-orang yang menginginkan lebih dari nutrisi. Beberapa nutrisi kandungannya ialah vitamin C, vitamin E, polifenol, karotenoid, isoflavonoid dan folat.

Jambu biji juga mengandung berbagai kombinasi nutrisi, sehingga ideal untuk Bunda yang sedang hamil. Mengonsumsi jambu biji selama kehamilan dapat membantu mengendurkan otot, melancarkan pencernaan, dan mengurangi sembelit.

7. Pisang

Pisang mengandung vitamin C, kalium, vitamin B6, dan serat yang tinggi, Bunda. Kandungan serat pisang yang tinggi dapat membantu mengatasi sembelit yang berhubungan dengan kehamilan. Selain itu, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa vitamin B6 dapat membantu meringankan mual dan muntah di awal kehamilan.

8. Jenis beri

Buah jenis beri-berian juga sumber nutrisi yang baik untuk kehamilan. Beberapa kandungan di dalamnya adalah vitamin C, karbohidrat, antioksidan, dan serat. Buah beri juga mengandung banyak air, sehingga merupakan sumber hidrasi yang sangat baik.

9. Apel

Bunda, apel dikemas dengan nutrisi untuk membantu pertumbuhan janin,lho. Beberapa nutrisinya, yakni vitamin A, vitamin C, serat, dan kalium. Sebuah studi menemukan bahwa makan apel saat hamil sangat baik karena dapat mengurangi kemungkinan bayi terserang asma dan alergi.

Bunda, lihat juga yuk ciri hamil yang tampak dari perubahan kulit dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi