sign up SIGN UP search


kehamilan

Kalender Kehamilan Cina Dapat Menentukan Jenis Kelamin Calon Bayi?

Erni Meilina Jumat, 05 Feb 2021 07:02 WIB
Shot of a pregnant woman holding a pink and blue onesie caption
Jakarta -

Selamat ya Bunda atas kehamilannya! Setelah melewati masa trimester pertama yang tak jarang membuat Bunda mual dan diselimuti rasa penasaran jenis kelamin bayi apakah yang Bunda kandung. Biasanya untuk mengetahui jenis kelamin calon bayi Bunda dilakukan USG. Saat ini, para orang tua memilih untuk melakukan USG 4D agar melihat lebih jelas sang calon buah hati.

Selain menggunakan USG, ternyata ada juga lho cara tradisional yang menjadi kepercayaan atau mitos beberapa orang untuk memprediksi jenis kelamin bayi. Misalnya, saat Bunda mengidam, bentuk perut, penampilan Bunda saat hamil, dan lain sebagainya. Nah, enggak cuma itu Bunda. Memprediksi jenis kelamin bayi Bunda bisa dilakukan dengan menggunakan kalender kehamilan Cina.

Kalender Kehamilan Cina sebagai Prediksi Jenis Kelamin Bayi

Melansir What To Expect, dimulai sekitar 700 tahun yang lalu, menurut legenda, kalender prediksi jenis kelamin ditemukan di sebuah makam kerajaan Tiongkok. 


Pada dasarnya dalam menentukan jenis kelamin bayi menggunakan kalender kehamilan Cina dengan memasukkan tanggal lahir Bunda dan tanggal pembuahan atau perkiraan tanggal lahir bayi ke dalam kalender, yang mengubah angka-angka tersebut menjadi usia lunar ketika dia hamil dan tanggal lunar konsepsi, dan kemudian memberitahu apakah bayinya laki-laki atau perempuan.

Praktisi astrologi Tiongkok percaya bagan ini melakukan pekerjaan yang cukup baik untuk memberi tahu Bunda jenis kelamin bayi yang Bunda kandung. Namun tidak banyak informasi di luar sana dari sumber yang dapat dipercaya, baik tentang bagan itu sendiri, apakah itu benar-benar berfungsi, atau seberapa akuratnya.

Keakuratan kalender kehamilan Cina menentukan jenis kelamin bayi

Dengan asal-usul yang masih harus dipertanyakan, sebenarnya sulit Bunda untuk menilai keakuratan kalender kehamilan Cina dalam menentukan jenis kelamin bayi dengan keyakinan apa pun yang melampaui prediksi standar 50:50. Beberapa orang mengatakan kalender kehamilan Cina 90 persen akurat, tetapi penelitian dan matematika terkait tidak cukup memvalidasi statistik tersebut. Dilansir The Bump, faktanya, beberapa orang yang telah mempelajari lebih dalam tentang kalender kehamilan Cina telah menunjukkan keakuratannya hingga lima persen dan 55 persen.

Cara menggunakan kalender kehamilan Cina

Masih penasaran untuk melihat apa yang dikatakan oleh kalender kehamilan Cina tentang jenis kelamin untuk calon bayi Bunda? Kalau Bunda ingin mencoba tentu sangat diperbolehkan ya. Tidak ada salahnya mencoba menebak apakah laki-laki atau perempuan. 

Hanya saja, jangan terlalu menganggap serius hasilnya atau menggunakannya untuk membuat keputusan besar seperti memilih nama bayi atau memutuskan apakah akan mengecat kamar bayi dengan warna merah muda atau biru ya, Bunda.

Bunda bisa mencarinya di mesin pencarian karena banyak sekali kalender kehamilan Cina yang dapat digunakan secara online. Jika pengobatan dan filosofi Timur benar-benar asing bagi Bunda, bagan kalender kehamilan Cina yang mudah digunakan mungkin dapat memberi petunjuk. Caranya sebagai berikut:

• Masukkan bulan pembuahan.
• Masukkan usia Bunda saat pembuahan.
• Klik "Prediksi Jenis Kelamin Bayi".

Jika Bunda ingin mengetahui jenis kelamin sang buah hati dengan pasti, Bunda harus pergi ke dokter untuk melakukan salah satu tes medis yang diketahui akurat. Atau Bunda bisa menunggu sampai Si Kecil lahir ke dunia. Dalam beberapa bulan yang singkat, Bunda akan bertemu dengan Si Kecil yang menggemaskan.

Banner Ayah Dewi Sandra MualafFoto: Mia Kurnia Sari
(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi