sign up SIGN UP search


kehamilan

Arti Mimpi Melahirkan Padahal Tidak Hamil, Pertanda Apa Bunda?

Haikal Luthfi Sabtu, 13 Feb 2021 07:00 WIB
Ilustrasi tidur caption
Jakarta -

Mimpi adalah pengalaman psikologis yang terjadi di dalam tidur seseorang. Merupakan wujud komunikasi antara tubuh, pikiran, dan jiwa yang berlangsung di alam bawah sadar kita, Bunda.

Mimpi tidak selalu merupakan pertanda, melainkan juga bisa saja sekadar bunga tidur. Begitu juga sebaliknya. Mimpi menjadi suatu misteri yang menjadi objek penelitian mengenai maknanya.

Dari sekian mimpi yang sering dicari maknanya salah satunya adalah arti mimpi melahirkan. Mengutip laman Babycenter, studi menunjukkan bahwa hampir 10 persen wanita hamil mengalami mimpi buruk setidaknya sekali seminggu.


Tak sedikit wanita bermimpi bahwa ada yang tidak beres dengan kelahirannya. Seperti mimpi persalinan yang lama dan menyakitkan atau tidak sampai ke rumah sakit tepat waktu. Meskipun terdengar menakutkan dan mengganggu, hal ini justru hanyalah wujud dari kekhawatiran diri sendiri, Bunda.

Memiliki mimpi yang penuh horor mungkin tidak semuanya buruk. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa wanita yang mengalami mimpi buruk tentang melahirkan mengalami persalinan yang lebih singkat dengan komplikasi yang lebih sedikit. Mungkin mimpi mereka membantu mereka berlatih untuk hal yang lebih nyata.

Sehingga, mimpi semacam ini biasa jadi membantu Bunda mempersiapkan diri secara emosional untuk menyambut kedatangan buah hati serta merawatnya dengan penuh kasih sayang.

Portrait of a tired pregnant woman sleeping on a couch in the living room at homeIbu hamil/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Cunaplus_M.Faba

Sebuah studi berjudul Women's Dreams Reported During First Pregnancy pada tahun 2001, menunjukkan bahwa ibu hamil cenderung memiliki lebih banyak mimpi tentang kehamilan atau persalinan daripada mereka yang tidak hamil.

Sedangkan pada studi lain, seperti penelitian yang berjudul Disturbed Dreaming During The Third Trimester of Pregnancy tahun 2014, menunjukan bahwa wanita hamil mengalami lebih banyak mimpi buruk dibandingkan mereka yang tidak hamil.

Salah satu alasannya adalah fluktuasi hormon selama kehamilan dan setelah melahirkan, yang dapat menghasilkan mimpi yang lebih jelas atau memengaruhi kandungan mimpi tersebut.

"Selama kehamilan, mimpi cenderung mengandung lebih banyak konten emosional daripada biasanya. Ini karena perubahan radikal dan dramatis yang dialami tubuh," ujar Dr.Nicola Davies, seorang konsultan kesehatan psikologi seperti yang dikutip dari laman Maternity and Infant.

Oleh karenanya, perubahan hormon yang begitu fluktuatif membuat ibu hamil sering bermimpi saat tidur. Mimpi-mimpinya pun beraneka ragam. Dari yang indah, buruk, hingga yang aneh. Salah satunya ya mimpi melahirkan ini, Bunda.

Arti mimpi melahirkan padahal tidak hamil

Mimpi tentang kehamilan seperti melahirkan kerap kali dialami oleh kebanyakan ibu hamil, Bunda. Peristiwa ini memang hal normal terjadi pada masa kehamilan. Namun, bagaimana jika ini terjadi pada wanita yang tidak sedang hamil?

Mengutip Healthline, Jika Bunda tidak hamil, mimpi tentang kelahiran bayi bisa jadi merupakan metafora untuk peristiwa seperti:

  • Awal yang baru dalam hidup
  • Pengembangan diri
  • Perkembangan baru

Hal Itu mungkin merupakan hasil dari perubahan besar dalam hidup yang sedang Bunda jalani. Mimpi terkait bayi juga bisa terjadi begitu saja setelah menonton film tentang bayi atau berbicara dengan teman tentang bayi.

Jika sedang bermimpi memiliki bayi, tetapi tidak hamil dan tidak ingin hamil, bisa jadi itu menandakan stres atau kecemasan dalam hidup yang sedang dihadapi. Atau bisa jadi merupakan wujud dari keinginan Bunda untuk menjaga orang lain.

Senada dengan hal tersebut, dikutip dari laman Find Your Mom Tribe, arti mimpi melahirkan memiliki dua tafsir. Pertama, jika Bunda bermimpi melahirkan, itu bisa berarti menandakan awal yang baru.

Bunda akan sangat bahagia, baik dalam sisi kehidupan pribadi maupun pekerjaan. Hal-hal yang akan menjadi positif dalam kehidupan nyata. Memulai fase baru dalam hidup dan pada akhirnya Bunda merasa puas dengan hidup.

Di sisi lain, mimpi ini bisa memiliki arti yang berbeda jika orang tersebut berstatus lajang. Ini bisa berarti orang tersebut akan mengalami beberapa perubahan besar dalam hidup.

Misalnya, orang mungkin iri dan mereka mungkin mengarang cerita buruk tentang kehidupan asmara. Mereka bahkan bisa menjadi sangat jahat, sehingga orang lain tidak mau bergaul dan menjauh.

"Seorang bayi akan melambangkan hasil kerja dan kemajuan Anda di beberapa bidang kehidupan Anda," ujar Lauri Loewenberg, analis mimpi dan penulis dikutip dari laman Bustle.

Alam bawah sadar akan menunjukkan kepada kita elemen-elemen baru dalam hidup, seperti kelahiran bayi. Hal-hal baru ini membutuhkan perhatian, perawatan, dan fokus yang berkelanjutan sehingga dapat terus berkembang dan bisa digapai, Bunda.

(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!