sign up SIGN UP search

kehamilan

Bunda, Kenali Ciri-Ciri Kista dan Segera Tangani dengan Tepat

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 23 Mar 2021 15:49 WIB
ilustrasi sakit perut caption

Kista bisa muncul melalui berbagai proses di dalam tubuh. Seringkali, keberadaannya pun tak disadari sampai ada efek yang dirasakan. Sebenarnya bagaimana sih ciri-ciri kista, Bunda?

Melansir Medicinenet, kista merupakan struktus seperti kantung tertutup yang bukan merupakan bagian normal dari jaringan tempatnya berada. Kista dapat terjadi di bagian tubuh mana saja dan dapat menimpa seseorang dengan usia berapa pun.

Terkadang, yang dirasakan hanya seperti adanya benjolan yang tidak normal atau baru. Kista sendiri biasanya berisi udara atau gas lain, cairan seperti nanah, atau zat setengah padat seperti puting jaringan atau bahan lainnya.


Ukurannya sendiri memiliki ukuran bervariasi dan hanya dapat dideteksi di bawah mikroskop atau dapat tumbuh dengan sangat besar sehingga menggantikan organ dan jaringan normal.

Ada banyak jenis kista yang bisa muncul di tubuh, di antaranya kista ovarium dan kista di payudara. Kendati demikian, mayoritas kista bersifat jinak tetapi dapat menimbulkan gejala karena ukuran dan atau lokasinya. 

Banner skincare 7 artis anti-mahal

Gejala yang terjadi bergantung pada lokasi organ yang terkena. Pada kista ovarium, misal. Biasanya secara umum dapat menyebabkan ketidakteraturan menstruasi, nyeri panggul, atau nyeri saat berhubungan seksual. Lebih lanjut, kondisi ini akan mempengaruhi peluang kehamilan sehingga Bunda harus segera menanganinya.

Oh ya, Bunda, terkadang, kista bisa Bunda temukan sendiri dengan adanya benjolan yang tidak normal. Seperti pada pada kulit atau jaringan di bawah kulit yang biasanya terlihat.

"Kebanyakan kista secara statistik bersifat jinak. Kista tersebut hanya membutuhkan tindakan lanjutan yang sesuai," kata Christina Chu, MD, ahli onkologi ginekologi di Fox Chase Cancer Center, seperti dikutip dari laman Fox Chase.

Klik halaman selanjutnya ya, Bunda.

Selain kista, gangguan menstruasi bisa terjadi karena banyak sebab, Bun. Simak dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



BAGAIMANA MENANGANI KISTA?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi