sign up SIGN UP search

kehamilan

Ketahui Bunda, Manfaat Kolang-Kaling bagi Ibu Hamil

Haikal Luthfi Selasa, 23 Mar 2021 11:57 WIB
Manisan Kolang-kaling Gula Aren caption
Jakarta -

Pernah mencoba kolang-kaling? Ya, buah yang sering digunakan sebagai campuran minuman es ataupun manisan tersebut memang terkenal menyegarkan.

Kolang-kaling mirip dengan buah lengkeng dari segi tekstur dan kelapa dari segi rasa, lembut dan agak manis sehingga cocok untuk dijadikan cemilan, Bunda. Buah Ini tidak hanya nikmat tetapi juga kaya akan manfaat.

Mengutip Babycenter, secara tradisional, kolang-kaling dipercaya sebagai obat alami untuk menyembuhkan segala penyakit. Disebutkan ini berguna untuk mengobati kondisi kulit seperti dermatitis dan biang keringat.


banner resep tahu

Kolang-kaling juga dapat membantu mengatasi sembelit, meski hal tersebut belum cukup penelitian untuk membuktikannya. Dengan kandungan airnya yang tinggi, buah ini dapat membantu tubuh tetap terhidrasi atau mengurangi risiko dehidrasi.

Sehingga bermanfaat apalagi ketika cuaca sedang dalam kondisi terik-teriknya Bunda pada musim kemarau. Selain itu, camilan yang identik dengan bentuk lonjong dan berwarna putih transparan ini, selain menyegarkan, ternyata merupakan asupan yang bermanfaat bagi ibu hamil lho Bunda.

Apa saja manfaatnya? Simak ulasan berikut ini!

Manfaat kolang-kaling bagi Ibu hamil

Nah Bunda, kolang-kaling dikenal menyegarkan dan memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan.

Mengutip Indian Express, kolang-kaling termasuk rendah kalori dan merupakan sumber energi seperti karbohidrat, fitonutrien dan kalsium. Mengandung sedikit serat, serta memiliki vitamin A, C, B7, K dan zat besi yang sangat penting untuk kesehatan.

Manfaat kolang-kaling di samping untuk kesehatan secara umum, ternyata juga bagus untuk ibu hamil lho. Sehingga, disarankan untuk mengonsumsi kolang-kaling terutama karena dapat membantu proses pencernaan secara langsung.

"Buah ini memang buah yang kaya nutrisi dan sumber yang baik untuk tubuh selama kehamilan,"ujar Neelanjana Singh, seorang ahli gizi dan diet, seperti dikutip dari laman Baby Center.

Manfaat kolang-kaling untuk ibu hamil yakni membantu meringankan banyak masalah terkait kehamilan. Seperti misalnya masalah pencernaan yang umum, yakni sembelit dan keasaman lambung.

Mual dan muntah adalah gejala kehamilan yang umum, terutama pada trimester pertama. Kolang-kaling dapat membantu meredakan gejala-gejala ini dan juga bertindak sebagai suplemen dan pengatur energi alami.

Dengan kombinasi mineral dan garam di dalamnya sehingga bermanfaat menjaga kadar glukosa yang tepat dalam tubuh dan membuat Bunda tetap segar. Oh iya, kolang-kaling diketahui juga dapat meningkatkan kualitas ASI dan dapat menambah nilai gizi yang diterima bayi dari ASI, dan bertindak sebagai suplemen yang baik juga.

Tips memilih kolang-kaling

Kolang-kaling termasuk camilan yang menyehatkan karena mengandung kalori, serat, dan vitamin. Penting untuk memilih kolang-kaling yang baik, agar Bunda tetap dapat merasakan manfaatnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, jika Bunda tertarik untuk mengonsumsi buah yang satu ini, perhatikan hal-hal berikut, diantaranya:

  • Ketika membeli kolang-kaling, usahakan untuk memilih yang masih muda dengan tekstur yang masih kenyal, Bunda. Hindari membeli yang tua, sebab teksturnya yang keras.
  • Kebanyakan kolang-kaling memiliki aroma asam yang khas. Jika Bunda menemukan yang tidak beraroma, sebaiknya hindari karena dikhawatirkan adanya pengawet di dalamnya.
  • Tak jarang juga ditemukan kolang-kaling yang diberi pewarna. Sebaiknya membeli kolang-kaling asli serta memberikan pewarna sendiri.
  • Meskipun kolang-kaling yang baik umumnya bertekstur kenyal, ada baiknya bunda juga waspada jika menemukan kolang-kaling yang tingkat kenyalnya tidak wajar.
  • Biasanya kolang-kaling dijual dalam keadaan terendam, Bunda. Tujuan supaya menjaga keadaanya tetap segar. Sehingga penting untuk memperhatikan air rendamannya yang selalu diganti, Bunda.Biasanya itu terlihat dari air yang sangat jernih.

Nah Bunda semoga bermanfaat!

(haf/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi