sign up SIGN UP search


kehamilan

Pilihan Makanan Sehat untuk Bunda yang Sedang Hamil, Baik untuk Janin!

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 31 Mar 2021 14:22 WIB
Makanan sehat untuk kehamilan caption

Selama kehamilan, Bunda harus memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan janin. Selain suplemen tambahan, Bunda bisa coba berbagai makanan variatif pun dapat Bunda jadikan pilihan menu dalam asupan harian.

Menerapkan pola makan seimbang dalam keseharian ketika sedang hamil maupun merencanakan kehamilan memang sangat penting ya. "Selama kehamilan, tujuan dari makan makanan bergizi yakni untuk memaksimalkan nutrisi prenatal. Bunda dapat menekankan lima kelompok makanan yakni buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, biji-bijian, dan produk susu," ujar Sarah Krieger, ahli diet di Florida, seperti dikutip dari laman Live Science.

Krieger merekomendasikan pada Bunda hamil agar mengisi setengah dari piringnya dengan buah dan sayuran, seperempatnya dengan biji-bijian serta seperempatnya lagi dengan sumber protein tanpa lemak. Serta, jangan lupa juga untuk mengonsumsi produk susu setiap kali makan.


Produk susu yang bisa Bunda penuhi yakni bisa dari susu, yogurt, dan keju yang merupakan sumber kalsium, protein, dan vitamin D. Selain pola makan yang sehat, Bunda yang hamil juga perlu mengonsumsi vitamin prenatal setiap hari untuk mendapatkan beberapa nutrisi yang sulit didapat dari makanan saja, seperti asam folat dan zat besi.

Bunda hamil membutuhkan 27 mg zat besi setiap harinya, yang mana jumlahnya dua kali lipat dari yang dibutuhkan oleh Bunda yang tidak hamil, menurut ACOG. Jumlah tambahan mineral tersebut dibutuhkan untuk membuat lebih banyak darah yang memasok bayi dengan oksigen. Ketika kandungan zat besi terlalu sedikit selama kehamilan, risiko anemia pun meningkat.

Banner zaskia sungkar melahirkan

Karenanya, pastikan Bunda memenuhi kebutuhan zat besi yang direkomendasikan selama hamil. Guna meningkatkan penyerapan zat besi, sertakan juga makanan sumber vitamin C yang baik pada saat makan makanan kaya zat besi. Misalnya dengan minum segelas jus jeruk saat sarapan dengan sereal yang diperkaya zat besi.

Klik halaman selanjutnya ya, Bunda. 

Simak juga video tips makan untuk ibu hamil:

[Gambas:Video Haibunda]



RAGAM MAKANAN SEHAT UNTUK BUNDA YANG SEDANG HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi