sign up SIGN UP search

kehamilan

Ketahui Bunda, 6 Arti Mimpi Hamil Menurut Ahli

Haikal Luthfi Sabtu, 27 Mar 2021 07:00 WIB
Shot of a pregnant woman sleeping on a bed at home caption
Jakarta -

Mimpi bisa menjadi sesuatu yang menarik dan informatif ke alam bawah sadar kita, Bunda. Terlebih ketika seseorang bermimpi dirinya sedang hamil!

Menurut beberapa studi menunjukkan otak kita sangat aktif ketika tidur, dan terutama saat bermimpi. Beberapa ilmuwan percaya bahwa, ketika bermimpi, otak kita menafsirkan dan mengatur informasi yang diterima dari lingkungan sekitar saat kita sadar.

Dalam kasus mimpi hamil, ini merupakan suatu mimpi yang cukup umum, apalagi jika si pemimpi itu sendiri sedang hamil. Berdasarkan penelitian yang berjudul Women's Dreams Reported During First Pregnancy pada tahun 2001, menunjukkan bahwa ibu hamil cenderung memiliki lebih banyak mimpi tentang kehamilan atau persalinan.


Meski begitu, tidak sedikit wanita yang tidak hamil juga dapat mengalami mimpi hamil lho. Menurut pakar mimpi, Lauri Loewenberg mengatakan bahwa mimpi hamil bisa saja mengindikasikan mengenai perasaan akan sebuah perubahan baru, atau tujuan hidup yang baru.

"Jika Anda tidak hamil atau mencoba hamil dan bermimpi bahwa Anda hamil, itu berarti sesuatu yang baru sedang dikerjakan," kata Lauri dilansir dari laman Cosmopolitan.

Dengan kata lain, bermimpi akan mempunyai bayi sering kali pertanda bahwa seseorang akan tumbuh secara umum, Bunda.

"Bagi pikiran yang bermimpi, itu melambangkan 'kehidupan baru' untuk Anda," tambah Loewenberg.

Arti mimpi hamil

Bermimpi tentang kehamilan boleh jadi pengalaman yang mendebarkan, Bunda. Bermimpi memiliki bayi adalah hal yang biasa jika anda sedang hamil, tetapi bisa juga terjadi pada orang yang tidak hamil.

Mengutip laman Mindbodygreen, menurut seorang terapis dan ahli mimpi bernama Leslie Ellis, Ph.D. terdapat beberapa jenis mimpi hamil yang kerap dialami, diantaranya:

1. Mimpi sedang hamil

Menurut Ellis, mimpi biasanya bersifat metafora dan simbolis. Jadi bermimpi hamil tidak berarti benar-benar hamil. Ketika bermimpi sedang hamil, ini sering kali dapat mewakili awal yang baru, atau sesuatu yang mengubah hidup.

"Konon, kehamilan sering dianggap sebagai proses kreatif," catatnya.

Jika ada sesuatu seperti proyek atau tujuan yang sedang diupayakan, itu mungkin diwakili oleh sebuah mimpi.

2. Mimpi melahirkan

Mimpi melahirkan melambangkan proyek kreatif yang akan membuahkan hasil. Misalnya, ketika Elis sedang mengerjakan bukunya yang berjudul A Clinician's Guide to Dream Therapy dan kemudian memimpikan proses kelahiran ketika bukunya dirilis.

"Jadi, hamil bisa berarti penuh dengan sesuatu, menghadirkan produk kreatif, atau munculnya sesuatu yang baru dan meneguhkan hidup," tambahnya.

3. Mimpi teman hamil

Jika memimpikan seseorang yang dikenal hamil, hal itu bisa berarti Bunda sedang terlibat dalam proses kreatif tetapi orang lain yang memikul beban, mengambil pujian, atau melakukan sesuatu yang kreatif yang mungkin diinginkan untuk diri sendiri.

Dalam hal ini, perhatikan siapa orang tertentu dan status hubungan dengan mereka.

4. Mimpi melihat orang hamil

Jika memimpikan orang asing yang hamil, bahkan mungkin menyaksikan kelahirannya, itu bisa berarti bahwa Bunda sedang dipisahkan dari proses kreatif itu sendiri.

Mungkin Bunda memiliki usaha kreatif yang tidak diikuti, dan merasa tidak terinspirasi, atau merasa tidak dapat memulai proyek yang dirasa terpanggil.

5. Mimpi pertanda akan hamil

Jika proses kreasi sedikit berliku-liku, ini bisa muncul dalam mimpi Bunda sebagai mual di pagi hari (morning sickness) atau penyakit lain dalam kehamilan.

"Saya telah melihat orang-orang memiliki mimpi seperti ini ketika mereka menumbangkan keinginan mereka untuk ekspresi kreatif," Kata Elis.

Dalam kasus ini, pikirkan tentang hambatan apa yang akan dihadapi dan bagaimana cara menghadapinya.

6. Mimpi tidak bisa hamil

Terakhir, jika bermimpi bahwa tidak bisa hamil, ini bisa menjadi indikasi ketidakmampuan untuk memulai sesuatu yang baru, atau tantangan untuk menemukan ide kreatif. Tentu saja, jika seorang wanita dalam usia subur dan kehamilan atau kesuburan, ini dapat diartikan secara lebih harfiah.

(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi