sign up SIGN UP search


kehamilan

Tak Sekadar Legit, Ini 10 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Bunda Hamil

Kinan Senin, 29 Mar 2021 16:46 WIB
Ilustrasi ibu hamil makan pisang caption

Selama hamil, Bunda perlu mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Termasuk dari buah-buahan, seperti pisang. Apa saja manfaat pisang untuk kesehatan bunda hamil?

Dikutip dari Parenting First Cry, pisang baik dikonsumsi bunda hamil karena kandungan nutrisinya yang banyak. Di antaranya seperti karbohidrat, serat, asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6, vitamin C, dan vitamin B-kompleks.

Pisang juga kaya akan mineral seperti mangan, magnesium, kalium, kalsium, tembaga, dan selenium. Semua nutrisi ini dapat membantu perkembangan janin yang sehat selama kehamilan. 


Berikut 10 manfaat pisang untuk kesehatan bunda hamil:

1. Membantu meredakan mual dan muntah

Bunda sering mual dan muntah saat tahap awal kehamilan? Jangan lupa konsumsi pisang, ya! Buah ini kaya akan vitamin B6 atau piridoksin. Vitamin B6 dapat membantu meredakan mual dan mual di pagi hari alias morning sickness.

Maka dari itu, konsumsi pisang pun baik dilakukan secara rutin pada bunda hamil trimester pertama.

2. Membantu menurunkan risiko bengkak

Banyak bunda hamil mengalami edema atau retensi air pada trimester kedua dan ketiga. Edema sendiri dapat menyebabkan pembengkakan pada pergelangan kaki dan persendian lainnya. 

Jika Bunda mengalami pembengkakan di persendian atau pergelangan kaki, hindari mengonsumsi makanan asin dan ganti camilan dengan buah pisang, ya. Manfaat pisang lainnya yakni membantu mengurangi efek pembengkakan.

3. Memberikan asupan energi alami

Pisang kaya akan karbohidrat karena mengandung gula sederhana seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Gula sederhana ini dapat dimetabolisme dengan cepat oleh tubuh untuk memberikan asupan energi.

Makan pisang pun diketahui dapat membantu bunda hamil yang mudah lelah dan meningkatkan tingkat energi sehari-hari.

4. Menurunkan risiko cacat lahir

Pisang merupakan sumber folat, yang diperlukan untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi. Makan pisang selama kehamilan diketahui dapat meningkatkan kadar folat dalam tubuh, sehingga menurunkan kemungkinan kekurangan folat.

Kekurangan asupan folat merupakan salah satu faktor risiko bayi lahir cacat, Bunda.

5. Membantu proses perkembangan saraf janin

Pisang kaya akan vitamin B6, yang diperlukan untuk perkembangan sistem saraf pusat janin. Dengan demikian, konsumsi pisang secara teratur pada trimester pertama kehamilan terbukti bermanfaat bagi perkembangan otak si Kecil.

6. Mengatasi sembelit

Pisang mengandung serat dalam jumlah tinggi, yang membantu merangsang pergerakan usus dan mengurangi kembung di perut akibat gas berlebih. Nah, makan pisang bisa melancarkan buang air besar, sehingga meredakan sembelit.

7. Membantu mengontrol tekanan darah

Pisang merupakan sumber potasium, yang merupakan mineral penting pengontrol tingkat tekanan darah dalam tubuh. Bunda bisa memasukkan pisang ke dalam menu makanan sehari-hari guna mencegah fluktuasi tekanan darah.

8. Mencegah heartburn

Manfaat pisang juga bisa membantu melindungi lambung dan dinding esofagus dari asam lambung. Ya, heartburn merupakan salah satu keluhan umum selama kehamilan. Konsumsi pisang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah heartburn

9. Menjaga kadar kalsium dalam tubuh

Pisang merupakan sumber kalsium, yang diperlukan tubuh untuk perkembangan tulang. Kalsium dibutuhkan baik oleh tubuh bunda hamil, maupun janin. 

Selain itu, kalsium juga diperlukan untuk pengaturan kontraksi otot dalam tubuh.

10. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin C atau asam askorbat dimiliki oleh pisang, yang sangat penting untuk penyerapan zat besi dalam tubuh. Vitamin ini juga membantu dalam pertumbuhan tulang, memperbaiki jaringan, dan menjaga kesehatan kulit. 

Bahkan konsumsi vitamin C yang merupakan antioksidan juga dapat membantu melawan infeksi. 

Apa yang perlu diperhatikan saat ingin makan pisang saat hamil?

Memiliki banyak nutrisi dan manfaat sehat, pisang tetap perlu dikonsumsi secara cukup alias tidak berlebihan. Konsumsi pisang terlalu banyak juga dapat menyebabkan kerusakan gigi, terutama karena pisang termasuk dalam salah satu buah manis.

Bunda hamil dengan riwayat diabetes gestasional juga sebaiknya tidak mengonsumsi pisang terlalu banyak, karena dapat menyebabkan kadar gula meningkat dengan cepat.

Jika Bunda sedang hamil dan memiliki diabetes gestasional, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Demikian ulasan tentang ragam manfaat pisang bagi kesehatan tubuh bunda hamil. Ingat, agar manfaat pisang bisa maksimal, pilih buah yang sudah matang dan dalam kondisi baik ya, Bunda!

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi