sign up SIGN UP search


kehamilan

Senam Kegel Sederhana untuk Merapatkan Miss V Setelah Melahirkan

Annisa Karnesyia Jumat, 02 Apr 2021 17:00 WIB
Olahraga caption
Jakarta -

Setelah melahirkan, Miss V atau vagina bisa mengendur lho, Bunda. Kondisi ini juga bisa memengaruhi kepuasan saat berhubungan seksual.

Bunda perlu memperhatikan kondisi vagina meski telah melahirkan dan memiliki anak ya. Tak cuma meningkatkan orgasme, vagina yang rapat dapat memberikan banyak manfaat lainnya.

Untuk merapatkan Miss V, Bunda hanya perlu memusatkan perhatian pada otot dasar panggul. Salah satunya, dengan memperkuat otot di area ini.


"Panggul adalah rumah bagi otot dan ligamen, membentuk struktur elastis untuk sistem reproduksi, organ kemih, dan bagian bawah saluran pencernaan," kata dokter kandungan, Dr. Sarah de la Torre, dikutip dari Bustle.

Banner Rumput Fatimah

"Meski kelihatannya rumit, sebenarnya ini hanyalah sebuah sistem otot yang bertindak sebagai penyangga untuk menopang organ panggul," sambungnya.

Penyebab vagina mengendur

Vagina tidak begitu saja kendur karena sering berhubungan seksual, Bunda. Dilansir Healthline, berikut penyebab vagina tidak rapat atau mengendur:

1. Persalinan

Wanita yang pernah melahirkan lebih dari satu kali melalui vagina, cenderung memiliki otot vagina yang melemah. Saat melahirkan, otot-otot akan merenggang agar bayi dapat melewati jalan lahir dan keluar melalui vagina.

Vagina mengendur setelah melahirkan normal ya, Bunda. Kondisi ini akan mulai pulih kembali setelah beberapa hari, meskipun mungkin tidak kembali ke bentuk semula lagi.

Namun, otot dasar panggul yang melemah karena persalinan bisa menyebabkan nyeri di daerah panggul dan rasa sakit saat berhubungan seksual. Beberapa wanita mungkin tidak bisa mengendalikan buang air kecil.

Bila Bunda tidak nyaman dengan hal ini, senam kegel bisa menjadi cara untuk merapatkan kembali vagina. Senam kegel dapat dilakukan sebelum, selama, dan setelah kehamilan.

2. Usia

Elastisitas vagina bisa berubah seiring bertambahnya usia. Kondisi ini terjadi karena kadar estrogen mulai menurun dan memasuki tahap perimenopause.

Menurunnya kadar estrogen dapat menyebabkan jaringan vagina lebih tipis, mengering, kendur, dan menjadi fleksibel. Penuaan dapat menyebabkan vagina sedikit merenggang, terlepas apakah Bunda pernah memiliki anak atau tidak.

Manfaat seam kegel

Bunda dapat melakukan senam kegel sederhana untuk merapatkan Miss V lho. Senam ini bertujuan untuk memperkuat otot dasar panggul yang menopang rahim, kandung kemih, dan rektum.

Kegel tak hanya membuat bugar, tetapi juga membantu kita terhindar dari kebocoran kandung kemih dan buang air kecil secara tidak sengaja.

Menurut dr.Fredrico Patria, Sp.OG., dalam buku Dahsyatnya Hamil Sehat & Normal, senam kegel awalnya diciptakan untuk mengatasi ketidakmampuan menahan buang air kecil (inkontinensia) pada wanita. Masalah ini memang sering terjadi selama masa kehamilan.

"Gangguan kesehatan ini juga kerap terjadi setelah persalinan. Itulah mengapa senam ini masuk dalam salah satu gerakan senam hamil, karena dapat membantu persalinan normal lebih mudah," kata Fredrico.

Belakangan, senam kegel memberikan manfaat kesehatan pada hubungan suami istri. Gerakan di senam ini dapat menguatkan otot-otot panggul yang memegang peranan dalam orgasme wanita.

Kerapatan vagina pun sering dikaitkan dengan perasaan nyaman selama penetrasi. Meski begitu, vagina yang terlalu rapat juga tidak baik untuk menciptakan orgasme.

OlahragaIlustrasi olahraga/ Foto: iStock

Senam kegel sederhana untuk merapatkan Miss V

Sebelum mulai senam kegel, pastikan kandung kemih kosong. Kemudian, Bunda perlu menemukan letak otot dasar panggul dengan menahan aliran urin. Cara ini bisa dilakukan seperti saat buang air kecil.

Ketika menahan urin dengan menekan otot, kita akan merasakannya seperti terangkat. Lalu, coba rileks dan ulangi lagi latihan ini.

Namun, metode tersebut enggak boleh dilakukan sembarangan ya. Bunda bisa konsultasi ke dokter terlebih dulu, karena cara ini dapat berisiko menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK).

Selain cara tersebut, kita juga dapat memasukkan jari ke dalam vagina, lalu lakukan gerakan menahan buang air kecil. Apabila jari terasa seperti terjepit, artinya otot akan segera digerakkan dan dilatih.

Saat itu, gerakkan otot selama 3 sampai 10 detik dan lemaskan. Bernapaslah secara normal dan jangan sampai kaki, bokong, dan otot perut bergerak selama melakukan senam ini. Setiap gerakan bisa dilakukan setidaknya 3 kali dalam satu waktu dengan 5 sampai 10 kali pengulangan dalam sehari.

"Mengencangkan otot panggul akan membantu memperkuat seluruh area dan membuat hubungan seks lebih menyenangkan," ujar de la Torre.

Setelah mengetahui otot dasar panggul, Bunda bisa melakukan senam kegel ini dalam posisi apa pun. Kebayakan orang lebih suka melakukan dalam posisi berbaring.

Perlu diperhatikan sebelum senam kegel

1. Senam kegel tidak cocok dilakukan semua orang ya, Bunda. Bila otot dasar panggung sudah kencang, latihan ini bisa berbahaya.

2. Bila Bunda mencoba mengencangkan otot yang sudah lelah, sulit bagi otot untuk merespons dan berkontraksi.

3. Jangan berlebihan melakukan senam kegel karena otot bisa menjadi lelah.

4. Bila merasakan sakit di bagian punggung atau perut setelah senam, ini bisa menjadi tanda Bunda salah melakukan gerakan.

5. Bila merasa nyeri saat melakukan senam, segera hentikan. Senam kegel seharusnya tidak menyakitkan tapi membuat kita rileks.

Simak juga penyebab munculnya jerawat di vagina, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi