sign up SIGN UP search


kehamilan

Bukan Tanda Mau Melahirkan, 5 Hal Ini Juga Bisa Picu Kontraksi Pada Kehamilan

Rahmi Sarifa Rabu, 31 Mar 2021 13:26 WIB
Kontraksi caption

Menanti kelahiran buah hati memang proses mendebarkan, rasanya Bunda sudah menghitung hari demi hari namun belum juga sampai pada ujungnya. Begitu kontraksi dirasa, langsung pikiran mengarah ke sana, tapi ternyata bukan juga.

Penyebab kontraksi memang beragam, Bunda. Sebelum kehamilan mencapai minggu ke-36 pun Bunda sudah bisa rasakan kontraksi palsu atau nama lainnya braxton hicks. Melansir dari Parents.com, kontraksi ini bisa dipicu oleh beberapa hal. Simak di bawah ini penjelasannya.


Persalinan dini

Proses persalinan yang terjadi pada usia kehamilan 20-36 minggu yang biasanya disebut juga dengan persalinan preterm atau prematur. Di minggu tersebut Bunda mengalami kontraksi yang ditandai dengan pengetatan dinding rahim. Kontraksi yang menjadi awal dari persalinan dini, biasanya tidak hilang selama berjam-jam. Jika terjadi, Bunda harus segera mencari bantuan medis untuk mendapat penanganan serius. 

Banner zaskia sungkar melahirkan

Melakukan pekerjaan yang berat

Toleransi tubuh setiap Bunda memang berbeda-beda meski dibandingkan dengan aktivitas yang sama. Baiknya Bunda peka dengan pertanda yang diberikan tubuh Bunda sendiri. Jangan memaksakan diri melakukan aktivitas yang berat selama kehamilan, terutama bila sudah muncul kontraksi palsu. 

Dehidrasi

Ternyata kekurangan cairan pada tubuh juga dapat menyebabkan timbulnya kontraksi palsu pada kehamilan Bunda. Oleh sebab itu, pastikan Bunda rutin untuk mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya. Kekurangan cairan tubuh juga akan berpengaruh pada jumlah ketuban lho..

Lanjut baca halaman berikutnya, Bun.

Bunda, simak tips melahirkan dengan proses normal dari bidan viral, Bidan Novel, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



PENYEBAB KONTRAKSI PALSU DAN CARA MENANGANINYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi