sign up SIGN UP search


kehamilan

Cara Minum Pil KB untuk Memancing Haid, Bunda Sudah Tahu?

Kinan Jumat, 02 Apr 2021 12:25 WIB
Close up hand contraceptive pill and condom on with colorful pills strips. Contraception reduces childbirth and pregnant concept. caption

Pil KB saat ini menjadi salah satu alat kontrasepsi yang banyak digunakan, terutama karena dianggap praktis dan mudah ditemukan. Cara pakainya pun cukup mudah, yakni rutin diminum setiap hari sesuai anjuran dokter.

Ada beberapa jenis pil KB yang tersedia, Bunda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan. Agar tak keliru, tak ada salahnya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memilih.

Sebab seperti diketahui, memilih jenis pil KB yang tepat dapat meningkatkan efektivitasnya. Demikian dikutip dari Healthline


Selain bisa dimanfaatkan sebagai alat kontrasepsi, pil KB juga dianggap mampu memancing haid lho, Bunda. Untuk memahami lebih lanjut tentang hal ini, yuk simak ulasan lengkapnya!

Banner zaskia sungkar melahirkan

Apa saja jenis pil KB yang tersedia saat ini?

Saat ini ada dua jenis pil KB yang tersedia: pil KB kombinasi dan pil KB progesteron. Pil KB kombinasi mengandung estrogen dan progesteron, sementara pil KB progesteron tidak memiliki kandungan estrogen.

1. Pil KB kombinasi

Pil KB kombinasi memiliki gabungan antara hormon buatan estrogen dan progesteron. Pil ini bekerja dengan merangsang serviks menebal, sehingga mencegah sperma bertemu sel telur. Dengan demikian, proses pembuahan tidak terjadi.

Pil KB kombinasi dibedakan menjadi beberapa kelompok lagi yakni pil KB monofasik, pil KB bifasik, pil KB trifasik dan pil KB tetrafasik. Perbedaannya ada pada dosis hormon yang terdapat di dalamnya.

Contoh merek pil KB kombinasi yang tersedia yakni pil KB Andalan, pil KB Diane 35, dan pil KB Yasmin.

2. Pil KB progesteron

Jika pil KB kombinasi memiliki komposisi gabungan antara estrogen dan progesteron, maka pil KB progesteron hanya terdiri dari satu bahan hormon saja. Tidak ada gabungan estrogen di dalamnya.

Pil KB progesteron disebut juga sebagai 'pil mini', yang bekerja dengan menebalkan lendir leher rahim dan menipiskan bagian rahim supaya sel telur tidak bisa menempel.

Faktor-faktor penyebab haid tidak teratur

Sebelum memahami cara minum pil KB untuk memancing haid, Bunda perlu tahu dulu tentang penyebab haid tidak teratur. Ini supaya kesehatan reproduksi bisa lebih terjaga dan siklus haid bisa lebih terkendali.

Beberapa penyebab haid datang terlambat yang bukan disebabkan oleh kehamilan di antaranya seperti stres, berat badan rendah atau berlebihan, sindrom ovarium polikistik (PCOS), perimenopause dini, serta riwayat masalah tiroid.

Salah satu manfaat pil KB: membantu melancarkan siklus haid

Seperti disebutkan sebelumnya, selain mengontrol kehamilan manfaat lain dari pil KB yakni memancing dan melancarkan haid. Jadi jika Bunda kerap mengalami siklus haid yang berubah-ubah, pil KB bisa coba dikonsumsi.

Haid tidak teratur pada umumnya disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, terutama berkaitan dengan hormon reproduksi. 

Ya, biasanya hal ini terjadi karena tubuh tidak memproduksi hormon progesteron yang memadai. Nah, minum pil KB pun diyakini dapat membantu memperbaiki masalah hormon tersebut. 

Tetapi agar lebih sesuai, lebih baik minum pil KB untuk memancing haid ini hanya berdasarkan resep dan anjuran dokter ya, Bunda. Hindari meminum sembarangan karena dikhawatirkan justru berdampak negatif  bagi tubuh.

Cara minum pil KB untuk memancing haid

Hampir sama seperti cara minum pil KB pada umumnya, manfaat dari pil KB untuk memancing haid bisa didapat dengan keteraturan jadwal minum. Ini berarti Bunda sebaiknya tak terlewat minum pil KB setiap harinya.

Bahkan jika perlu agar tak lupa, buatlah alarm pengingat sehingga jadwal minum pil KB bisa dilakukan di jam yang sama.

Misalnya jika Bunda meminum pil KB paket 28 hari, maka biasanya tersedia 28 pil yang terdiri dari: 21 pil hormon aktif dan 7 pil tiruan (plasebo).

Selain itu, ada juga pilihan paket pil KB 21 hari. Cara minumnya hampir sama seperti pada paket pil KB 28 hari, namun pada paket ini terdiri 21 pil aktif saja. 

Demikian ulasan tentang cara minum pil KB untuk memancing haid. Ingat, jangan lupa konsultasi dulu dengan dokter saat memilih jenis pil KB supaya lebih aman dan efektif ya, Bunda!

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi