kehamilan

Kenali Jenis-jenis Pil KB dan Cara Pemakaiannya

Muhayati Faridatun Kamis, 31 Oct 2019 18:30 WIB
Kenali Jenis-jenis Pil KB dan Cara Pemakaiannya
Jakarta - Jika Bunda ingin menunda kehamilan, salah satu cara adalah menggunakan alat kontrasepsi atau biasa dikenal dengan KB. Yuk, kenali jenis-jenis pil KB dan cara pemakaiannya.

Dijelaskan dalam ulasan di Medical News Today, pengendalian kelahiran adalah penggunaan berbagai alat kontrasepsi, obat-obatan, praktik seksual, juga prosedur bedah untuk mencegah konsepsi atau kehamilan.

Seperti dilansir NHS, alat kontrasepsi berguna untuk mencegah pertemuan sel sperma dengan telur. Caranya, bisa dengan menjaga agar sperma dan telur selalu terpisah, menghentikan produksi sel telur, atau menghambat sel telur yang sudah dibuahi agar tidak menempel pada lapisan rahim.

Berbagai perangkat dan perawatan tersedia untuk pria dan wanita, yang bisa mencegah kehamilan. Beberapa metode mungkin lebih bisa diandalkan, tergantung pada seberapa cermat metode itu digunakan. Misalnya pil kontrasepsi atau pil KB.

"Jika pil KB digunakan dengan benar, lebih dari 99 persen efektif. Tapi, karena orang melakukan kesalahan, sekira 9 wanita setiap tahun akan hamil saat menggunakan pil KB," demikian penjelasan dalam ulasan di Medical News Today.

Nah, kalau Bunda ingin mencoba menggunakan alat kontrasepsi berupa pil KB, simak dulu nih jenis-jenis pil KB, cara pemakaian, dan cara bekerjanya. Berikut HaiBunda rangkum dari Health Line. Buka halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga tips agar kulit tidak kering selama hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi