sign up SIGN UP search


kehamilan

Bukan Air Es, Ini Minuman yang Sebaiknya Dihindari Bumil Saat Buka Puasa

Annisa Karnesyia Selasa, 27 Apr 2021 12:18 WIB
Ibu hamil muslim caption
Jakarta -

Puasa Ramadhan identik dengan hidangan yang menyegarkan tubuh, terutama saat waktu berbuka. Salah satunya adalah minuman dingin yang manis, seperti es buah atau cendol.

Lalu apakah minuman ini aman dikonsumsi Bunda hamil yang memutuskan puasa?

Menjalankan ibadah puasa saat hamil memang tidak dilarang, Bunda. Namun, kita perlu memenuhi asupan nutrisi dari makanan biar tubuh fit setelah seharian menahan lapar dan haus.


Banner Muslimahpedia untuk Artikel

Minuman dingin aman dikonsumsi selama hamil ya. Mengutip Indian Express, kehamilan bukanlah penyakit melainkan kondisi fisiologis tubuh yang terjadi selama sembilan bulan.

Secara umum, minum air es sesekali selama hamil tidak memengaruhi kehamilan. Asalkan, minumannya tak berlebihan dan kandungan yang tercampur juga menyehatkan tubuh, seperti jus buah.

Sebaliknya, Bunda perlu menghindari minum air es dari minuman bersoda atau yang mengandung tinggi gula seperti sirup. Konsumsi gula berlebih selama hamil dapat meningkatkan risiko diabetes lho. Studi tahun 2017 juga menemukan bahwa konsumsi minuman manis selama trimester kedua kehamilan bisa memengaruhi janin.

"Kami menemukan bahwa ibu yang mengonsumsi lebih banyak minuman manis selama kehamilan akan memiliki anak dengan jumlah lemak tubuh yang tinggi. Kami berharap para ibu dapat menghindari minuman manis yang tinggi gula selama kehamilan untuk mencegah obesitas pada masa kanak-kanak" kata penulis studi, Sheryl Rifas-Shiman, dilansir WebMD.

Saat waktu berbuka puasa, Bunda sebaiknya minum air putih untuk menggantikan cairan yang hilang. Dalam Islam pun, sebenarnya ada anjuran untuk berbuka puasa dengan makanan yang manis, namun pilihannya enggak boleh sembarangan.

Menurut pendakwah Dra.Latifah Iskandar, kita dapat mencontoh menu makanan Rasulullah SAW saat berbuka puasa. Rasulullah SAW mengawali buka puasa dengan mengonsumsi kurma dan air putih.

"Dalam banyak hadist disebutkan bahwa Nabi biasanya berbuka puasa sebelum sholat dengan kurma. Selain kurma, Rasulullah juga berbuka dengan air putih," kata Latifah dalam HaiBunda Muslimahpedia, belum lama ini.

Lalu kenapa kurma menjadi pilihan makanan untuk berbuka puasa? Kenapa juga selama kehamilan perlu menghindari minuman atau makanan tinggi gula?

Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga keutamaan puasa bagi ibu hamil dan menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PILIHAN MAKAAN DAN MINUMAN BUMIL SAAT BUKA PUASA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi