sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Manfaat Kurma Muda untuk Kesehatan Kehamilan

Kinan   |   Haibunda Jumat, 05 Mar 2021 14:00 WIB
Date - Fruit, Fruit, Food, Raw Food caption

Manfaat kurma muda sangat banyak bagi kesehatan, termasuk bagi bunda hamil. Beberapa di antaranya baik bagi kebugaran tubuh Bunda, serta dipercaya dapat memperlancar proses persalinan.

Cara mengonsumsinya pun beragam, Bunda dapat menyesuaikan dengan kesukaan dan selera sendiri. Manfaat kurma muda bisa didapat dengan cara konsumsi langsung, diseduh, serta dijadikan jus.

Berikut ulasan lengkap tentang manfaat kurma muda bagi kesehatan kehamilan:


1. Melancarkan sistem pencernaan

Saat hamil, berbagai faktor kerap membuat Bunda rentan mengalami masalah pencernaan. Termasuk sembelit atau bahkan diare. Nah, konsumsi buah kurma muda pun baik untuk Bunda karena memiliki manfaat melancarkan kerja sistem pencernaan.

Manfaat ini didapat dari kandungan serat tinggi yang dimiliki oleh kurma muda. Seperti diketahui, konsumsi cukup serat dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

2. Menjadi sumber energi

Bunda sering merasa lemas dan tak bertenaga selama hamil? Yuk coba rutin konsumsi kurma muda. Kandungan gula yang dimiliki kurma muda dapat menambah asupan kalori sebagai sumber energi Bunda. 

Namun ingat, ini berarti Bunda tetap perlu membatasi konsumsi kurma muda agar kadar gula darah tak justru naik, ya.

3. Mencegah risiko bayi lahir cacat

Bunda hamil perlu mendapatkan cukup asupan folat, terutama selama masa pembentukan sel dan tulang janin. Jika Bunda kurang mengonsumsi folat, janin pun berisiko mengalami cacat lahir.

Salah satu sumber folat yang baik dikonsumsi yakni kurma muda. Ya, buah ini kaya akan kandungan folat, sehingga dapat membantu memaksimalkan proses pembentukan sumsum tulang belakang dan menurunkan risiko bayi lahir cacat.

4. Menurunkan risiko anemia

Kandungan zat besi dalam kurma muda bisa Bunda manfaatkan untuk menurunkan risiko anemia. Seperti diketahui, bunda hamil sangat rentan mengalami anemia karena kekurangan pasokan darah dalam tubuh. 

Jangan diabaikan, tubuh Bunda selama hamil memerlukan cukup asupan zat besi guna mencegah risiko anemia. Oleh sebab itu, jangan lupa rutin mengonsumsi kurma muda untuk mendapatkan manfaat maksimalnya.

5. Membantu proses persalinan

Diketahui konsumsi buah kurma muda, terutama pada trimester ketiga, dapat membantu melancarkan proses persalinan. Caranya yakni dengan meningkatkan dilatasi serviks dan memperkuat otot rahim.

Kondisi ini diyakini merupakan efek dari senyawa pengikat reseptor oksitosin yang dimiliki kurma muda. Seperti diketahui, oksitosin merupakan hormon yang bertanggung jawab pada kontraksi persalinan.

6. Menjaga kekuatan tulang

Saat hamil, tubuh Bunda memerlukan cukup asupan kalsium. Jika tidak, janin yang sedang bertumbuh dapat mengambil kalsium dari tulang Bunda. Dilansir Web MD, kondisi tersebut apabila didiamkan lama-kelamaan dapat membuat Bunda defisit kalsium.

Akibatnya, Bunda jadi berisiko mudah lelah dan aliran darah dalam tubuh pun jadi tak lancar. 

Nah, kurma muda dapat menjadi sumber kalsium yang baik untuk bunda hamil. Selain mengandung kalsium, manfaat kurma muda lainnya yakni mengandung fosfor, kalium dan magnesium.

7. Menjaga kendali nafsu makan

Kurma muda memiliki kandungan gula lebih rendah dibandingkan dengan kurma kering. Maka dari itu, Bunda dapat memanfaatkannya untuk menjaga nafsu makan tetap terkendali. Bunda jadi kenyang lebih lama dan asupan kalori pun lebih terkontrol.

Cara konsumsi kurma muda untuk mendapatkan manfaatnya

Kurma muda bisa Bunda konsumsi secara langsung. Namun selain itu, Bunda juga bisa mengolahnya dengan berbagai cara sebagai variasi. Salah satunya yakni dengan cara diseduh.

Caranya, pisahkan daging kurma dan bijinya. Setelah itu, tumbuk daging kurma muda sampai halus. Seduh hasil tumbukan tersebut dengan air panas. Agar rasanya lebih enak, Bunda bisa menambahkan rasa dari madu atau perasan air lemon. Minumlah secara rutin untuk mendapatkan manfaat kurma muda.

Selain itu, Bunda juga bisa mengolah kurma muda menjadi jus. Cara membuatnya, daging kurma muda dicampur dengan bahan-bahan lain seperti pisang, susu atau yoghurt, kemudian diolah dalam blender dan siap disajikan. Demikian dilansir Healthline.

Sesuaikan porsi dan jumlah konsumsi dengan kebutuhan, namun pastikan Bunda juga tetap mengonsumsi sumber nutrisi lain. Termasuk dari sayuran, buah, dan camilan lainnya.

Demikian ulasan tentang manfaat kurma muda dan cara mengolahnya. Sudahkah Bunda rutin mengonsumsi kurma muda saat hamil dan merasakan khasiatnya?

(som/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!