sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Manfaat Seledri untuk Bumil, Kontrol Kolestrol hingga Gula Darah

Meita Fajriana Senin, 03 May 2021 16:00 WIB
Pregnant redhead woman preparing healthy salad in bright kitchen Manfaat seledri untuk kehamilan/ Foto: iStock

Jakarta - Masa kehamilan jadi momen yang membahagiakan sekaligus mendebarkan untuk Bunda ya. Pada masa ini, Bunda berusaha melakukan segala upaya agar calon bayi mendapatkan nutrisi terbaik. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. 

Bahan makanan yang baik Bunda konsumsi salah satunya adalah seledri. Seledri ternyata punya kandungan yang baik untuk kesehatan Bunda selama hamil loh. Mulai dari menjaga berat badan hingga kadar gula darah. 

Dilansir Boldsky, seledri sangat aman untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Asalkan sudah dicuci dengan bersih sebelum mengomsumsinya ya. Pasalnya Bunda hamil harus berhati-hati dengan makanan yang dikonsumsi dalam keadaan mentah.


Hal ini karena masih terdapat banyak bakteri seperti toxoplasmosis dan listeriosis yang dapat berpengaruh pada kehamilan Bunda. Ada baiknya Bunda berkonsultasi dulu ke dokter sebelum mengonsumsinya ya. 

Nah, jika merasa sudah aman, bunda bisa cari tau nih apa saja manfaat seledri untuk kesehatan selama kehamilan. Berikut empat manfaat seledri untuk kehamilan yang dilansir dari laman Healthline:

1. Mengontrol gula darah

Seledri ternyata dapat mengurangi hormon yang berpengaruh pada pikiran seseorang sehingga membuat lebih santai. Saat tubuh rileks membuat sirkulasi gula dalam darah menjadi lebih baik. Seledri juga menurunkan resiko stroke dan gangguan jantung pada ibu hamil. 

"Kadar gula darah yang tinggi pada ibu hamil bisa berdampak tidak baik pada keduanya ibu dan bayi. Hal ini bisa memicu kelahiran prematur hingga mempengaruhi berat badan bayi saat lahir dan kondisi sang ibu," kata Cande Ananth, Profesor dan wakil ketua urusan akademik dan kepala divisi epidemiologi dan biostatistik di departemen ilmu kebidanan, ginekologi dan reproduksi di Rutgers Robert Wood Johnson Medical School, dikutip dari The Wahington Post.

2. Menurunkan kolesterol

Kandungan dalam seledri ternyata mampu menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Sehingga meminimalisir munculnya plak pada pembuluh arteri. Hal ini tentunya sangat baik bagi kesehatan jantung Bunda selama kehamilan. 

3. Menjaga berat badan

Berat badan menjadi hal yang sangat diperhatikan ketika hamil, karena dapat berpengaruh pada bayi di dalam kandungan. Untuk itu sangat perlu untuk Bunda menjaga berat badan ya. Dengan rutin mengonsumsi seledri sebelum makan dapat mengurangi berat badan Bunda lho. Namun tetap pantau berat badan Bunda agar tetap ideal yang bunda, paling penting lagi rutin periksakan calon bayi ke dokter ya.

4. Imun booster

Seledri mengandung banyak vitamin C, yang berfungsi menjaga imun tubuh Bunda selama hamil. Sehingga Bunda bisa terhindar dari berbagai penyakit. Antioksidan yang terkandung di dalam seledri juga menjadi imun booster yang juga melindungi bayi di dalam kandungan dari bahaya penyakit. 

 Simak manfaat seledri lainnya untuk Bunda hamil di halaman selanjutnya!

Bunda, simak yuk resep makanan enak untuk Bunda hamil dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



SARAN PENYAJIAN SELEDRI PADA MAKANAN IBU HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi