sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Pilihan Makanan Pengganti untuk Atasi Alergi pada Ibu Hamil

Annisa Karnesyia Minggu, 02 May 2021 14:23 WIB
Ibu hamil makan caption
Jakarta -

Alergi bisa terjadi selama masa kehamilan, Bunda. Salah satunya adalah alergi pada makanan.

Alergi sangat umum terjadi pada kehamilan, namun tidak semua bumil mengalaminya ya. Dikutip dari Whats to Expect, banyak juga lho bumil yang tiba-tiba terkena alergi tanpa punya riwayat sebelumnya.

Kondisi alergi bisa bikin enggak nyaman karena muncul gejala-gejala yang berbeda. Ada bumil yang sakit kepala, pilek, hingga demam karena alergi.


Selain lingkungan, makanan yang dikonsumsi selama hamil bisa memicu alergi ini lho. Saat hamil, Bunda bisa jadi lebih sensitif terhadap makanan tertentu. Hal ini dapat disebabkan karena meningkatnya hormon progesteron dan menurunnya sistem kekebalan tubuh.

"Kondisi ini menyebabkan ibu hamil lebih rentan terhadap virus, termasuk alergi. Reaksi alergi bisa muncul saat tubuh terpapar alergen," kata dokter kandungan Dr. Arie Adrianus Polim, D.MAS, SpOG(K) dalam buku 30 Perubahan Tubuh Selama Hamil.

Bunda enggak perlu khawatir ya. Alergi selama kehamilan tidak otomatis menurun ke bayi. Alergi juga tidak berbahaya bagi kehamilan.

Meski begitu, Bunda perlu menghindari alergen selama hamil agar kondisi tidak memburuk. Bila perlu, Bunda bisa konsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

"Pengobatan yang diberikan dokter biasanya adalah obat anti-gatal berupa krim atau lotion. Jika alergi mulai mengganggu, maka dokter bisa memberikan obat alergi yang aman selama kehamilan," ujar Arie.

Jika Bunda memiliki riwayat alergi makanan, maka sebisa mungkin menghindarinya selama kehamilan. Cobalah cari pengganti makanan yang tetap memberikan nutrisi penting untuk Bunda dan janin.

Paling penting adalah berkonsultasi dengan dokter bila Bunda mulai enggak nyaman dengan kondisi alergi. Jangan lupa untuk minta rekomendasi nutrisi pengganti makanan alergen ya.

Lalu bagaimana cara mengatasi alergi makanan selama hamil? Apa pula menu makanan pengganti alergen yang tepat untuk Bunda?

Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga tips makan ibu hamil yang obesitas, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

JENIS MAKANAN PENGGANTI ALERGEN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi