sign up SIGN UP search


kehamilan

Kenali Keputihan di Awal Kehamilan, Bedakan dengan Tanda Mau Haid

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 12 Jun 2021 14:46 WIB
Young asian woman sitting on the bed and looking at pregnancy test in toilet in morning at home. Bangkok, Thailand. caption

Jakarta - Keputihan merupakan kondisi normal yang dialami semua wanita. Terutama ketika menjelang siklus menstruasi bulanan Bunda atau tepat sebelum haid dimulai.

Selain itu, keputihan juga bisa menjadi tanda awal kehamilan nih, Bunda. Seringkali, keputihan menjadi tanda bahwa kehamilan sudah terjadi, namun banyak Bunda tidak menyadari hal itu karena gejalanya memang mirip-mirip dengan tanda menjelang haid. Hmm, jadi sebenarnya apa ya, perbedaan keputihan mau haid dan hamil?

Keluarnya cairan putih sebelum haid merupakan hal biasa. Dalam kebanyakan kasus, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dan hanya merupakan tanda bahwa period akan segera dimulai.


Istilah medis untuk keputihan yakni leukorea. Ini terdiri dari cairan dan sel-sel mati yang keluar dari vagina saat membersihkan dirinya sendiri. Keputihan ini bisa berwarna putih kental, seperti susu, bening, atau lengket.

"Kebanyakan wanita mengalami peningkatan keputihan beberapa hari sebelum menstruasi," ujar Kecia Gaither, MD, seorang obgyn di NYC Health, seperti dikutip dari laman Insider.

Gaither menambahkan, keputihan ini hadir dikarenakan efek hormonal yang menyebabkan peningkatan produksi lendir di vagina. Sehingga, tidak perlu dikhawatirkan karena merupakan siklus normal.

Oh ya, Bunda, keputihan, sambung Gaither, juga biasanya terjadi pada awal dan akhir siklus haid. Ketika Bunda melihat keluarnya cairan putih yang kental, biasanya itu merupakan tanda bahwa Bunda akan berovulasi. Saat sedang berovulasi, Bunda juga akan melihat cairan bening dan elastis. 

Cairan putih paling umum terjadi tiga hingga lima hari sebelum haid datang. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan kecuali jika tebal, berbau menyengat, berwarna hijau, kuning, atau abu-abu, atau menyebabkan iritasi.

Melansir dari Tuasaude, dalam beberapa kasus, keputihan sebelum haid juga dapat mengindikasikan kehamilan. Biasanya, jika keputihan sebagai pertanda hamil, teksturnya lebih kental dari biasanya. 

Informasi lebih lengkap klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, simak juga penjelasan mengenai timun dengan kaitannya sebagai penyebab keputihan dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TANDA KEPUTIHAN SAAT HAMIL MUDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!