sign up SIGN UP search


kehamilan

9 Tanda Kehamilan yang Kerap Terlewatkan, Keputihan hingga Sembelit

Erni Meilina Kamis, 07 Jan 2021 17:41 WIB
close-up of smiling woman holding pregnancy test caption

Jakarta – Tahukah Bunda, banyak wanita yang tidak menyadari awal kehamilannya. Bunda juga salah satunya? Hal itu karena banyak tanda awal kehamilan yang justru mirip dengan gejala menstruasi, Bunda.

Tanda-tanda kehamilan yang mirip seperti menstruasi inilah yang sering dianggap sepele oleh sebagian wanita. Misalnya seperti, mengalami nyeri payudara, perubahan suasana hati, kembung dan sembelit, seringnya buang air kecil, kram pada perut. Nah, ternyata tanda-tanda tersebut juga bisa lho menjadi tanda awal kehamilan. 

Untuk lebih jelasnya, yuk simak tentang tanda-tanda kehamilan yang sering terlewatkan oleh para Bunda, berikut penjelasannya:


Tanda-tanda kehamilan yang mudah terlewatkan:

1. Keputihan

Keputihan bukanlah salah satu tanda awal kehamilan yang paling umum, tetapi karena pada awal kehamilan ternyata keputihan dapat meningkat dan ada kemungkinanmenjadi sinyal bahwa Bunda sedang hamil.

Jika Bunda mengalami peningkatan keputihan, Bunda mungkin mengira mengalami infeksi jamur vagina atau siklus menstruasi Bunda tidak teratur, atau mungkin Bunda sedang berovulasi. Tapi yang perlu Bunda ketahui, jika keputihan yang Bunda alami berwarna bening dan tidak berbau serta tidak menyebabkan gatal ini adalah tanda awal kehamilan lho, Bunda. 

Mengutip dari Fox News, dr. Alyssa Dweck, seorang OB-GYN bersertifikat di Mt. Kisco, New York, dan penulis The Complete A to Z for You mengatakan bahwa keputihan adalah hasil dari peningkatan suplai darah ke daerah vagina dan genital yang meningkatkan cairan vagina.

Dilansir Baby List, ada berbagai jenis keputihan selama awal kehamilan, Bunda. Pertama dari bau, keputihan pada awal kehamilan dengan bau amis bisa menandakan infeksi vagina yang disebut vaginosis bakteri. Kedua, jika keputihan merupakan awal kehamilan, biasanya memiliki konsistensi seperti keju cottage, itu bisa disebabkan oleh infeksi jamur. Ketiga, keputihan awal kehamilan berwarna kuning atau hijau bisa disebabkan oleh PMS yang disebut trikomoniasis.

Jika Bunda merasa gatal di bagian miss V, ada sensasi terbakar, atau mengalami pembengkakan bersamaan dengan keluarnya cairan di awal kehamilan, Bunda mungkin mengalami infeksi jamur. Terakhir, kalau Bunda sering mengira pendarahan selama kehamilan merupakan tanda keguguran, ternyata enggak selalu begitu, Bunda. Tetapi harus selalu diperiksa secepatnya. Dan meskipun bercak biasanya tidak perlu dikhawatirkan, beri tahu dokter jika Bunda mengalaminya, sehingga mereka dapat mengatasi masalah yang terjadi pada Bunda.

Untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan lainnya, BACA HALAMAN BERIKUTNYA.

Simak juga yuk ciri-ciri hamil yang sering tak disadari dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner hijabers TurkiFoto: Mia Kurnia Sari



(rap/rap)
Tanda-tanda Bunda Sedang Hamil
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi