sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Tanda Hiperemesis Gravidarum, Mual & Muntah Hebat di Awal Kehamilan

Annisa Karnesyia Minggu, 06 Jun 2021 14:45 WIB
pregnant young woman caption
Jakarta -

Bunda sering mengalami mual dan muntah di awal kehamilan? Kondisi ini memang wajah dialami pada trimester pertama, tepi perlu diwaspadai bila semakin parah ya.

Mual dan muntah yang sering dan parah dikenal dengan istilah hiperemesis gravidarum. Dikutip dari WebMd, kurang dari 3 persen wanita hamil dapat mengalami kondisi ini.

Ketika Bunda mengalami hiperemesis gravidarum, dia akan muntah terus-menerus. Jika dibiarkan, maka dapat menyebabkan masalah seperti dehidrasi dan penurunan berat badan selama hamil.


Hiperemesis gravidarum biasanya menyerang wanita hamil di antara minggu ke-4 dan ke-6 kehamilan. Kondisi bisa memburuk sekitar minggu ke-9 hingga 13.

Banner Raeni

Saat intensitas muntah semakin parah, sebagian besar wanita hamil tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Meski begitu, Bunda enggak perlu khawatir karena gejala ini akan membaik pada minggu ke-20.

Profesor dan ahli kesehatan holistik Dr. Debra Rose Wilson mengatakan bahwa hiperemesis gravidarum tampaknya berhubungan dengan hormon human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini dibentuk selama kehamilan oleh plasenta.

"Sebagian besar hormon ini dihasilkan tubuh dengan sangat cepat di awal kehamilan. Hormon dapat terus meningkat sepanjang kehamilan," kata Wilson, dilansir Healthline.

Rasa mual pada hiperemesis gravidarum bisa diredakan dengan konsumsi obat dari resep dokter atau minum air jahe. Bila tidak ditangani dan semakin parah, hiperemesis gravidarum dapat berisiko pada kehamilan.

Saat Bunda mengalami dehidrasi karena masalah ini, jantung akan berdetak sangat cepat, volume cairan ketuban menurun, dan berisiko melahirkan secara prematur.

Gejala mual dan muntah di awal kehamilan perlu dikenali dengan baik untuk mencegah komplikasi ini ya, Bunda. Bagaimana cara mengenalinya?

Baca halaman berikutnya untuk tahu tanda-tanda hiperemesis gravidarum pada kehamilan di trimester pertama.

Simak juga ciri-ciri hamil yang jarang disadari Bunda, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TANDA HIPEREMESIS GRAVIDARUM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi