sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Gejala Aneh di Awal Kehamilan, Termasuk Benci Makanan Favorit

Meita Fajriana Senin, 07 Jun 2021 20:26 WIB
close-up of smiling woman holding pregnancy test caption

Jakarta - Apakah Bunda saat ini sedang hamil? Kalau iya, mungkin saja Bunda sedang merasakan tanda-tanda yang aneh, mulai dari mual di pagi hari hingga kehilangan nafsu makan. Bahkan, ada beberapa Bunda hamil yang bisa sangat benci melihat makanan favorit.

Tanda-tanda aneh ini biasanya akan Bunda alami di awal masa kehamilan. Selama morning sickness, Bunda bisa sangat mual mencium berbagai masakan. Bahkan, sekadar sikat gigi pun bisa muntah-muntah lho.

Sebagian besar gejala kehamilan akan mulai muncul sekitar lima atau enam minggu setelah periode menstruasi terakhir Bunda. Biasanya gejala tidak langsung muncul, karena perlu beberapa minggu untuk berkembang di rahim Bunda. Mengalami gejala beberapa hari setelah berhubungan seks biasanya bukan merupakan tanda kehamilan ya, Bunda. Hal itu sebenarnya bisa disebabkan oleh hal lain seperti menstruasi. 


Namun, jika Bunda terlambat datang bulan, merasa kelelahan, atau mual di pagi hari, ini bisa menjadi tanda awal kehamilan Bunda. Perhatikan tanda-tanda ini dengan baik ya Bunda, semakin cepat dideteksi, Bunda juga semakin berhati-hati dan menjaga janin di dalam perut Bunda.

“Tanda awal yang paling umum adalah terlambat menstruasi dan merasa tidak enak badan. Bunda sering merasa sangat lelah dan perlu banyak tidur seperti bukan diri Anda yang biasanya," kata Lesley Gilchrist bidan tersertifikasi di New York dan salah satu pendiri My Expert Midwife dikutip dari laman Goodtoknow.

Lalu, apa saja tanda-tanda aneh lainnya yang biasanya dirasakan ketika hamil? Berikut penjelasannya yang Bubun kutip dari laman WeHaveKids, simak terus ya Bunda:

1. Nyeri pada Payudara

Nyeri payudara adalah gejala awal kehamilan yang dapat disertai dengan pembengkakan, terasa lebih berat, atau areola yang menggelap. Jika Bunda merasakan tanda-tanda yang tidak biasa seperti ini, ada kemungkinan Bunda sedang hamil.

Hal ini terjadi akibat peningkatan aliran darah ke payudara membuat payudara Bunda bengkak dan nyeri saat disentuh. Selama kehamilan Bunda bisa saja memiliki ukuran payudara lebih besar dengan sebagian besar terdiri dari susu, jaringan lemak ekstra, dan darah. 

Simak tanda hamil lainnya di halaman berikut!

Simak juga yuk tanda-tanda hamil yang sering tak disadari di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TANDA-TANDA KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi