sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Cara Membaca Hasil USG, Perhatikan Perbedaan Warna Bun

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 25 May 2021 20:11 WIB
A pregnant woman and her female doctor are indoors in a hospital. The doctor is performing an ultrasound. caption

Jakarta - Tindakan USG selama kehamilan merupakan bagian pemeriksaan rutin yang dilakukan dokter. Hal ini dilakukan untuk memantau bagaimana pertumbuhan janin di dalam rahim Bunda secara keseluruhan.

USG sendiri dapat memberikan banyak informasi misalnya mendeteksi kelainan, memprediksi tanggal lahir, menunjukkan posisi plasenta, dan menunjukkan jenis kelamin bayi Bunda.

Pada USG trimester pertama mungkin dokter akan melihat detak jantung bayi yakni pada usia kehamilan enam minggu. Dokter juga akan memprediksi tanggal kelahiran, menentukan jumlah bayi dalam rahim, dan melihat apakah Bunda mengalami kehamilan ektopik atau tidak.


Memasuki trimester kedua, USG akan lebih terperinci yang berlangsung 20 hingga 45 menit jika Bunda memiliki satu bayi dan lebih lama jika memiliki anak kembar. Ini merupakan pemeriksaan menyeluruh yang dilakukan bayi sebelum mereka lahir, seperti dikutip dari laman Parents.

"Selama USG, dokter juga akan memeriksa detak jantung bayi dan mencari kelainan di otak, jantung, ginjal, dan hati," ujar Jane Chueh, MD dari Lucile Children Hospital Stanford, California.

Sementara di trimester ketiga, banyak calon orangtua merasa tidak memerlukan USG. Tetapi, jika kehamilan Bunda dianggap berisiko dokter akan melakukan pemeriksaan intensif dan USG tindak lanjut jika serviks tertutup oleh plasenta.

Ya, USG memang dapat dilakukan karena berbagai alasan. Tetapi, melihat bayi di dalam rahim adalah alasan paling umum. Jika Bunda baru saja menjalani USG dan ingin mengetahui cara membaca hasil USG, cara terbaik tentu dengan mendengarkan penjelasan dari dokter ya, Bunda. Secara garis besar, Bunda dapat mengikuti petunjuk berikut untuk mudah memahaminya, seperti dikutip dari laman Wikihow. 

1. Menguraikan gambar

Abaikan teks dan angka di bagian atas scan. Sebagian besar rumah sakit menggunakan ruang ini untuk memasukkan detail nama, nomor referensi rumah sakit, atau setelah mesin USG. Karena informasi ini tidak ada hubungannya dengan apa yang Bunda lihat pada layar USG, Bunda dapat mengabaikan informasi ini.

2. Mulai dari gambar atas

Bagian atas layar atau gambar yang dicetak adalah tempat probe USG ditempatkan. Dengan kata lain, gambar yang Bunda lihat menunjukkan tampilan organ atau jaringan dari samping, bukan dari atas.

Misalnya, jika Bunda melakukan USG rahim, apa yang Bunda lihat di bagian atas layar atau USG tercetak ialah garis besar jaringan di atas rahim. Saat Bunda melihat lebih jauh ke bawah layar, Bunda akan melihat jaringan yang lebih dalam, seperti lapisan rahim, bagian dalam rahim, dan bagian belakang rahim Bunda.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak yuk manfaat USG untuk menghitung HPL dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MEMBACA USG TANPA BANTUAN AHLI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi