sign up SIGN UP search


kehamilan

Konsumsi Asam Folat Bisa Cegah Preeklampsia? Ini Kata Dokter Bun

Annisa Karnesyia Senin, 31 May 2021 07:06 WIB
Kehamilan caption
Jakarta -

Preeklampsia masih menjadi momok menakutkan selama kehamilan. Kondisi ini biasanya ditandai dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Menurut anggota Himpunan Kedokteran Fetomaternal Surabaya, Dr. Nareswari I. Cininta, preeklampsia dapat memengaruhi sistem organ tubuh. Beberapa di antaranya adalah gejala di organ ginjal, liver, gangguan penglihatan, nyeri perut, muntah-muntah, hingga gangguan paru, dan produksi urine.

Menurut wanita yang akrab disapa Ninta ini, preeklampsia bisa dicegah apabila Bunda mengenal faktor risiko. Kemudian, Bunda melakukan pemeriksaan USG Doppler aliran darah. Setelah diketahui memiliki gejala, dokter biasanya akan memberikan obat aspirin, Bunda.


"Studi menemukan bahwa aspirin ini bisa menurunkan angka kejadian preeklampsia hingga 17 persen, sehingga mencegah kelahiran prematur dan pertumbuhan janin yang terhambat," ujar Ninta, dalam acara Media Edukasi Mengenai Preeklampsia pada Ibu Hamil oleh Himpunan Kedokteran Fetomaternal Surabaya, via Zoom, Jumat (21/5/21).

Masalah yang terjadi saat kehamilan umumnya bisa dicegah dengan persiapan yang matang. Artinya, kondisi tubuh Bunda sehat dan rajin mengonsumsi makanan bergizi, terutama mengandung asam folat.

Ninta menyarankan Bunda hamil untuk konsumsi asam folat sekitar 6 bulan sebelum hamil. Cara ini juga bisa membantu menurunkan risiko terjadinya preeklampsia, Bunda.

"Saya sendiri merekomendasikan asam folat diberikan saat hamil atau hamil pertama. Tapi, ada satu studi meta analisis yang mengatakan bahwa asam folat yang diberikan saat hamil tidak terlalu memberikan efek signifikan terhadap risiko terjadinya preeklampsia," kata Ninta.

Namun, satu studi di Kanada menemukan bahwa konsumsi asam folat dengan dosis tinggi, yakni 4 mg, dapat menurunkan risiko preeklampsia dua kali lipat. Meski begitu, belum semua negara menggunakan pendekatan ini.

Asam folat memang dikenal sebagai vitamin penting yang dibutuhkan selama hamil. Salah satu bentuk vitamin larut air ini bisa mencegah cacat tabung saraf lho, Bunda.

Lalu bagaimana pendapat dokter lain mengenai asam folat yang dikatakan bisa mencegah preeklampsia? Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga penjelasan dokter tentang penyebab utama preeklampsia, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

BENARKAH ASAM FOLAT BISA CEGAH PREEKLAMPSIA?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!