sign up SIGN UP search


kehamilan

Asam Folat untuk Ibu Hamil: Pengertian & Jenis Makanan yang Berisi Kandungannya

Tim HaiBunda Senin, 28 Jun 2021 18:33 WIB
Ibu hamil makan buah caption
Jakarta -

Nutrisi yang sehat sudah pasti butuh untuk dicerna para ibu hamil. Dari berbagai macam vitamin, protein, mineral, zat besi, dan satu yang paling penting yang paling penting adalah asam folat.

Apa sih asam folat itu? Asam folat merupakan vitamin B kompleks yang larut dalam air. Asam folat untuk ibu hamil dinilai sangat relevan dan bermanfaat bagi kecerdasan janin.

Asam folat untuk ibu hamil dapat membantu pembentukan sel otak janin. Hebatnya lagi, asam folat untuk ibu hamil dapat mengurangi risiko autisme yang berpotensi terjadi pada janin yang dikandung.


Banner Diusir Warga Karena Tertular Covid dari Anak

Mari kita simak yuk, Bun fungsi asam folat untuk ibu hamil dan manfaatnya!

Fungsi asam folat untuk ibu hamil

Umumnya asam folat untuk ibu hamil berfungsi untuk pembangunan tubuh yang bersifat multifungsi. Mulai dari dari membantu produksi DNA hingga pembentukkan sel darah merah.

Asam folat untuk ibu hamil juga berfungsi mengoptimalkan perkembangan saraf janin dan sumsum tulang belakang. Nah, sangat vital sekali ya, Bun!

Untuk aturan mengonsumsi asam folat untuk Bunda hamil, bisa langsung dikonsultasikan ke dokter ya. Jangan sampai berlebih dan kurang karena bisa menyebabkan efek samping. Seperti mual, kembung, hilangnya nafsu makan, rasa tidak enak di mulut yang cenderung pahit, gangguan tidur, dan mood swing yang sangat drastis. 

Makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil

Setelah mempelajari mengenai serba-serbi dan fungsi asam folat untuk Bunda hamil, mari kita beralih ke jenis-jenis makanan yang mengandung asam folat. Enak dan sehat, Bun!

1. Sayuran Hijau

Sayuran memang selalu diindikasikan sebagai kategori makanan sehat. Sayuran hijau mengandung folat, serat, dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh Bunda dan janin. Contoh sayuran yang dianjurkan diasup Bunda hamil antara lain bayam, kangkung, seledri, lobak.

Makanan sehat untuk kehamilanIlustrasi asam folat sehat untuk kehamilan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/nd3000

2. Buah - Buahan

Bunda yang sedang hamil bisa mulai mengonsumsi buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan asam folatnya. Contoh buah-buahan yang spesifik adalah alpukat yang juga kaya akan serat, asam lemak, dan Vitamin K.

3. Kacang - Kacangan

Kacang yang dimaksud di sini lebih menjurus pada kacang tanah. Asam folat untuk ibu hamil dapat ditemukan di makanan ini. Jika tidak terlalu mengonsumsi suka kacang tanah secara langsung, ibu hamil bisa menggantinya dengan olahan kacang macam selai kecang (peanut butter).

4. Kuaci / Biji Bunga Matahari

Kuaci atau biji bunga matahari sangat baik untuk dijadikan camilan ibu hamil lho. Selain mengandung asam folat untuk Bunda hamil, kuaci juga mengandung Vitamin E dan zat besi yang berguna untuk memenuhi nutrisi janin.

Tapi ingat jangan sampai terlalu banyak mengonsumsi ini ya, Bun. Ditakutkan kandungan garam di dalamnya bisa menyebabkan masalah kesehatan lain.

Menu makanan mengandung asam folat untuk ibu hamil di atas cukup sederhana ya, Bun. Ngga perlu sesuatu yang hamil, yang penting mencukupi gizi untuk Bunda dan Si Kecil di dalam kandungan. (PK)

Lihat juga video berikut ini mengenai tujuh buah-buahan yang bagus dikonsumsi untuk ibu hamil.

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi