sign up SIGN UP search


kehamilan

10 Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil, Atasi Sembelit hingga Morning Sickness

Annisa Karnesyia Senin, 14 Jun 2021 19:51 WIB
Ibu hamil makan semangka caption
Jakarta -

Buah-buahan bisa menjadi pilihan camilan bagi Bunda yang hamil nih. Salah satu buah yang memiliki segudang manfaat adalah semangka.

Secara umum, semangka merupakan sumber karbohidrat, vitamin, mineral, dan senyawa yang bermanfaat untuk tubuh. Buah ini juga terdiri dari sekitar 91 air yang cocok untuk menyegarkan tubuh, Bunda.

Semangka juga kaya akan lutein dan likopen. Keduanya merupakan antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan dan penyakit.


"Antioksidan dapat meningkatkan kesehatan mata, otak, dan jantung. Selain itu, antioksidan juga berpotensi untuk memberikan perlindungan terhadap jenis kanker tertentu," kata pakar diet, Alina Petre, MS, RD, dilansir Healthline.

Cara konsumsi semangka pada Bunda hamil

Saat mengonsumsi semangka, kebersihan adalah hal utama yang harus diperhatikan. Selain itu, Bunda sebaiknya makan buah semangka yang masih segar.

Hindari konsumsi buah semangka yang sudah dipotong dan didiamkan dalam waktu lama. Selain enggak segar, buah ini berisiko terkontaminasi bakteri.

Daripada membeli buah semangka potong, lebih baik Bunda membeli yang masih utuh dan memotongnya sendiri di rumah. Buah ini juga boleh dibuat jus atau dicampur dengan buah-buahan lain yang masih segar.

Ibu hamil makan semangkaIbu hamil makan semangka/ Foto: iStock

Manfaat semangka

1. Menurunkan risiko prematur

Konsumsi semangka saat hamil dapat menurunkan risiko kelahiran prematur lho, Bunda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan di buah semangka dapat membantu menurunkan risiko terjadinya kelahiran prematur dan komplikasi kehamilan lainnya.

2. Mengurangi risiko preeklampsia

Semangka kaya akan likopen, yakni senyawa yang juga ditemukan di tomat dan buah-buahan berwarna merah lain. Sebuah studi yang diterbitkan International Journal of Gynecology & Obstetrics 2003 menemukan bahwa suplemen dengan kandungan 4 mg likopen per hari atau sekitar 60 persen yang ditemukan dalam 152 gram semangka, dapat menurunkan risiko preeklampsia hingga 50 persen.

"Berdasarkan penelitian, suplementasi likopen dapat mengurangi risiko preeklampsia. Semangka yang kaya likopen juga disebut memiliki manfaat yang sama," ujar Petre.

Meski begitu, temuan tersebut perlu diteliti lagi karena belum ada yang meneliti langsung kandungan likopen di semangka untuk kehamilan. Bunda juga sebaiknya konsultasi ke dokter bila mengalami preeklampsia.

3. Menurunkan risiko sembelit

Kandungan air yang terdapat di semangka dapat membantu Bunda memenuhi kebutuhan cairan. Pada akhirnya, cairan di tubuh ini bisa mengurangi risiko sembelit, wasir, dan komplikasi kehamilan.

Seperti kita tahu, sembelit alah keluhan umum yang dialami wanita selama kehamilan. Semangka juga mengandung serat yang membantu pembentukan tinja. Kandungan airnya pun dapat membantu pergerakan usus di dalam tubuh.

4. Mengatasi mulas dan asam lambung

Kehamilan bisa menyebabkan perubahan hormonal pada tubuh. Melansir dari Parenting Firstcry, perubahan ini dapat membuat Bunda enggak nyaman, salah satunya perut sering terasa mulas karena asam lambung meningkat.

Semangka dikenal memiliki efek untuk menenangkan sistem pencernaan dan meredakan perut mulas. Konsumsi buah ini secara langsung bahkan bisa menghilangkan keluhan dengan cepat.

5. Mengatasi kram otot

Tubuh Bunda akan terus beradaptasi dengan perubahan selama kehamilan ya. Perubahan hormon dan penambahan berat badan yang cepat bisa menyebabkan kram otot dan nyeri nih.

Buah semangka dapat mengatasi masalah kram otot ini lho, Bunda. Kandungan vitamin A, C, B6, serta potasium dipercaya bisa mengatasi kram otot selama kehamilan.

6. Mencegah pigmentasi kulit

Kulit Bunda bisa berubah dan terlihat kusam selama masa kehamilan. Kondisi ini disebabkan oleh perubahan hormon di tubuh.

Buah semangka dapat meningkatkan pencernaan dan membuang racun di tubuh. Selain itu, makan buah ini juga bisa membuat kulit bercahaya dan bebas dari pigmentasi.

7. Membantu pembentukan tulang dan gigi janin

Buah semangka dapat membantu pembentukan tulang dan gigi pada janin yang sedang berkembang. Sebab, buah ini mengandung kalsium dan kalium dalam jumlah besar. Seperti kita tahu, kedua mineral ini berperan untuk kesehatan tulang dan gigi.

8. Meningkatkan imunitas tubuh

Bunda harus mampu melawan infeksi dan penyakit selama hamil, karena bayi sedang tumbuh dalam kandungan. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, Bunda perlu mengonsumsi makanan yang bergizi dan kaya antioksidan seperti buah semangka.

Semangka mengandung antioksidan, yakni likopen. Kandungan antioksidan ini dikenal bisa meningkatkan imunitas tubuh.

9. Mencegah edema

Selama hamil, Bunda bisa mengalami pembengkakan di kaki dan tangan. Kondisi ini dikenal sebagai edema.

Edema disebabkan akumulasi cairan yang tidak biasa di jaringan tertentu dalam tubuh. Kandungan air yang tinggi di dalam buah semangka ini dapat membantu tubuh membuka sumbatan dan meredakan edema.

10. Mengatasi morning sickness

Buah semangka telah dikenal mengandung tinggi air. Mengonsumsi buah ini di pagi hari dapat menghidrasi tubuh serta mengatasi morning sickness. Bunda bisa maka langsung buah semangka atau dibuat jus untuk atasi keluhan ini ya.

"Kandungan air yang tinggi dan gula dari buah ini dapat membantu untuk meringankan mual di pagi dari serta dehidrasi. Kandungan mineralnya pun dapat mencegah kram otot pada trimester 3," kata penulis SuperFoods Rx, Seteven Pratt, M.D, mengutip Parents.

Efek buruk makan semangka

Meski memiliki segudang manfaat, buah semangka juga memiliki efek buruk bagi kesehatan. Berikut 3 efek buruk tersebut:

1. Bila dikonsumsi berlebihan, kandungan gula di buah ini bisa menyebabkan kadar glukosa di tubuh meningkat dan menyebabkan diabetes gestasional.

2. Sifat diuretik pada buah semangka dapat menyebabkan keluarnya nutrisi penting dari tubuh bersamaan dengan racun.

3. Jika tidak dikonsumsi segar, buah semangka bisa memicu rasa mual, muntah, dan penyakit gastrointestinal.

(ank/ank)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!