sign up SIGN UP search


kehamilan

Kunyit Bisa Pulihkan Kondisi Rahim Usai Melahirkan, Mitos atau Fakta?

Annisa Karnesyia Kamis, 24 Jun 2021 15:23 WIB
Kunyit caption
Jakarta -

Kunyit telah dikenal sebagai rempah yang bermanfaat untuk kesehatan. Lalu apakah kunyit aman dikonsumsi Bunda yang hamil ya?

Kunyit boleh dikonsumsi selama hamil, asalkan jumlahnya tidak berlebihan. Menurut Lizzy Swick, MS, RDN, kunyit telah terbukti bisa meredakan pembengkakan dan peradangan pada Bunda yang hamil. Selain itu, kunyit juga dapat mengatasi masalah saluran cerna.

"Kunyir dapat mendukung saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, kunyit juga mendukung sistem kekebalan tubuh dan mungkin bisa membantu melawan pilek dan alergi selama kehamilan," ujar Swick, dilansir Parents.


Meski begitu, kandungan curcumin sebagai senyawa utama kunyit dapat membahayakan janin. Curcumin bida meniru hormon estrogen di dalam tubuh, sehingga meningkatkan periode menstruasi atau merangsang kontraksi rahim.

"Hal ini bisa meningkatkan risiko kelahiran prematur dan keguguran," ujar Ilene Cohen, RDN, juru bicara New York State Academy of Nutrition and Dietetics Media.

Konsumsi kunyit dalam jumlah banyak di makanan sebaiknya dihindari ya, Bunda. Kunyit dengan dosis tinggi dapat mengganggu beberapa jenis obat pengencer darah dan menghambat asam.

Makan kunyit sering disebut bisa mempersingkat masa penyembuhan usai melahirkan. Hal ini karena kunyit memiliki senyawa anti inflamasi di tubuh, Bunda.

Konsumsi kunyit selama kehamilan memang aman. Namun, hingga kini belum ada uji klinis yang meneliti tentang keamanan kunyit untuk Bunda hamil.

Selama kehamilan, kunyit boleh ditambahkan sedikit sebagai bumbu penyedap masakan. Beberapa pakar mengatakan bahwa kandungan curcumin di kunyit kering tidak terlalu tinggi, sehingga tidak terserap dengan baik melalui aliran darah.

Lalu benarkan makan kunyit setelah melahirkan juga mendatangkan manfaat? Mitosnya, kunyit bisa mempercepat proses penyembuhan usai melahirkan.

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga persiapan dan tips melahirkan normal dari dokter, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

MITOS DAN FAKTA KUNYIT UNTUK KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi