sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Penyebab Telat Haid Selain Karena Kehamillan, Salah Satunya Faktor Kelelahan

Tim HaiBunda Sabtu, 03 Jul 2021 18:52 WIB
Young woman holding menstruation calendar serious face thinking about question, very confused idea caption
Jakarta -

Siklus menstruasi yang tidak teratur menjadi masalah kesehatan yang membuat kaum perempuan cemas. Sebab, dari jadwal yang tidak teratur ini membuat tubuh jadi tidak sehat mengingat ada darah kotor yang tidak terbuang dari tubuh.

Ingat Bun, bahwa menstruasi merupakan proses perubahan fisiologis yang terjadi berkala dan melibatkan hormon estrogen dan progesteron. Normalnya, siklus haid ini terjadi 20 hingga 35 hari --bisa lebih cepat atau lebih lambat.

Lalu apa saja sih penyebab telat haid? Anggapan umum yang ada berasumsi jika telat haid artinya adalah kehamilan. Ah, tapi tidak juga kok!



Penyebab telat haid
Ada beberapa faktor eksternal dan internal yang membuat tubuh perempuan tidak mengalami siklus seperti sewajarnya. Coba dilihat dulu, Bun beberapa penyebabnya berikut. Adakah salah satunya dialami oleh Bunda?

Banner Vitamin Agar Terhindar dari Covid-19Banner Vitamin Agar Terhindar dari Covid-19/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

1. Terlalu lelah berolahraga/aktivitas berlebihan

Beraktivitas, terutama berolahraga memang menjadi kebutuhan manusia setiap harinya. Tapi perlu diperhatikan, bahwa kegiatan yang terlalu berat dapat menyebabkan kelainan hormon yang membuat siklus haid tidak teratur.

Hal ini disebabkan oleh cadangan lemak dalam tubuh yang berkurang dalam jumlah besar secara drastis. Sehingga tubuh pun kekurangan energi untuk kembali menstabilkan proses produksi hormon estrogen dan progesteron. Jadi, cobalah berolahraga dengan bijak ya, Bun.

2. Obesitas

Ada sebagian masyarakat yang mungkin memiliki berat badan melampaui batas ideal. Hal ini perlu diperhatikan dan ditinjau kembali ya, Bun. Karena bisa menjadi salah satu penyebab telat haid selain hamil.

Situasi ini hampir sama seperti olahraga berlebihan, hanya saja terbalik. Ketika Bunda menumpuk terlalu banyak lemak, energi akan melepas terlalu banyak hormon estrogen dan kurang progesteron. Hati-hati, selain siklus menstruasi yang tidak teratur, situasi ini juga mampu menyebabkan penebalan dinding rahim lho.

Ilustrasi menstruasiIlustrasi haid tidak lancar/ Foto: Getty Images/iStockphoto/ViDi Studio

3. Stress dan kondisi mental yang kurang stabil

Hal ini merupakan penyebab telat haid selain hamil yang paling umum dirasakan kaum wanita. Menurut sebuah penelitian, optimalisasi produksi hormon dalam tubuh dapat terganggu karena keadaan mental yang kurang baik.

Untuk mencegah ini, Bunda bisa mulai melakukan relaksasi dan pola hidup yang jauh lebih baik dan sehat. Jangan lupa 'Me Time' ya, Bun.

4. Penyakit Kronis

Penyebab telat haid ini yang paling kronis dari semua faktor yang telah disebutkan di atas. Penyakit seperti gangguan tiroid yang bisa menghalangi tubuh menyerap nutrisi penting. Ia pun bisa memengaruhi siklus menstruasi wanita. Jika Bunda merasakan gejala-gejala yang sedikit ekstrem, ada baiknya langsung memeriksakan diri ke dokter untuk ditindak lebih lanjut.

Sesudah dilihat daftar di atas, adakah salah satunya Bunda alami? Segera upayakan pencegahannya dengan menerapkan pola hidup sehat dan olahraga yang teratur dengan bijak. Sehingga siklus haid Bunda bisa berlangsung dengan lancar. (PK)

Simak juga penjelasan mitos berikut mengenai soda yang bisa memperlancar haid.

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi