sign up SIGN UP search


kehamilan

17 Tanda-tanda Hamil Sebelum Telat Haid, Pusing hingga Sering Kembung

Annisa A   |   Haibunda Minggu, 07 Nov 2021 05:00 WIB
Excited woman with positive pregnancy test. Celebrating positive pregnancy test result. Yes, I am pregnant caption
Jakarta -

Tanda-tanda hamil penting untuk dikenali agar Bunda dapat mempersiapkan kehamilan dengan baik. Telat haid atau menstruasi biasanya menjadi tanda perempuan hamil. Namun, hal itu bukan menjadi satu-satunya tanda kehamilan, lho.

Datang bulan merupakan siklus yang rutin terjadi pada tubuh perempuan. Itu sebabnya, telat haid atau menstruasi kerap membuat perempuan menduga dirinya tengah mengandung.

Peristiwa sel telur yang dibuahi oleh sperma dan ditanam di dinding rahim bisa terjadi jauh sebelum periode haid, Bunda. Hal itu memungkinkan terjadinya tanda-tanda kehamilan lain yang muncul sebelum telat datang bulan.


Saat kehamilan baru terjadi, tubuh akan mulai memberikan beberapa tanda atau indikasi, Bunda. Tanda-tanda kehamilan umumnya muncul selama minggu pertama pembuahan terjadi. Akan tetapi, tanda-tanda ini kerap tidak disadari oleh sebagian wanita.

Survei yang dilakukan oleh American Pregnancy Association (APP) menunjukkan bahwa ada sekitar 71 persen wanita yang disurvei menunjukkan tanda-tanda awal kehamilan sebelum telat haid. Menurut Obgyn dan Direktur Medis di Maven Clinic, Jane Van Dis, M.D, itu bisa terjadi karena siklus haid beberapa wanita tidak teratur.

"Jika siklus wanita tidak teratur, dia cenderung tidak memperhatikan haid yang telat," katanya, dikutip dari Parents.

Banner 7 Warna Cat Rumah Terpopuler 2021Banner 7 Warna Cat Rumah Terpopuler 2021/ Foto: HaiBunda/Mia

Oleh karena itu, tes kehamilan merupakan cara paling akurat untuk mengetahui Bunda hamil atau tidak. Apalagi ketika Bunda sudah mengalami gejala umum kehamilan, bahkan sebelum telat haid.

Bunda, berikut ini 17 tanda-tanda kehamilan yang dirangkum dari Parenting Firstcry dan HealthLine:

1. Kram

Kram bisa menjadi tanda awal kehamilan. Bunda mungkin akan merasakan kram ringan jika sedang hamil. Kram ini rasanya mirip dengan kram sebelum atau awal haid, namun akan terasa di perut bagian bawah atau punggung bawah.

2. Peningkatan suhu basal tubuh

Tanda suhu tubuh saat istirahat total seringkali lebih akurat daripada gejala lainnya, Bunda. Biasanya sebelum ovulasi terjadi, suhu tubuh meningkat dan kembali normal setelah siklus haid berlangsung.

Namun, selama kehamilan, suhu tubuh basal cenderung terus naik karena tingginya kadar progesteron selama kehamilan. Jika suhu tubuh meningkat selama lebih dari 20 hari pasca-ovulasi, itu tandanya Bunda positif hamil.

3. Perubahan pada payudara

Adanya perubahan seperti sakit, nyeri saat ditekan, payudara terasa berat atau areola yang tampak lebih gelap adalah tanda kehamilan yang terlihat seminggu sebelum haid telat.

Dengan meningkatnya kadar estrogen setelah pembuahan, tubuh akan terasa pegal, dan mengalami beberapa perubahan tersebut di payudara. Gejala-gejala ini tidak jauh berbeda dari tanda-tanda payudara pra-haid, tetapi akan bertahan setelah periode haid terlambat.

"Perubahan payudara umumnya merupakan salah satu tanda pertama kehamilan," kata Kecia Gaither, MD, MPH, FACOG, selaku anggota Kongres Ahli Obstetri dan Ginekologi Amerika.

4. Kelelahan

Perubahan kadar hormon progesteron menjadi penyebab tubuh lelah dan mengantuk sepanjang waktu. Lelah dan mengantuk adalah tanda awal kehamilan dan akan bertahan selama trimester pertama. Tubuh juga mulai memproduksi lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan janin, yang meningkatkan kelelahan.

5. Mual

Ibu Hamil MualIlustrasi mual/ Foto: iStock

Mual atau muntah menjadi gejala kehamilan yang sangat umum dan sering disebut morning sickness. Ini mulai bisa terjadi sejak 4-6 minggu setelah pembuahan.

Penyebabnya karena meningkatnya kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh, sehingga setiap hari merasa mual ingin muntah. Mual ini belum tentu terjadi di pagi hari, namun bisa muncul kapan saja, di mana saja dan bertahan sepanjang hari.

Sekitar 80 persen ibu hamil biasanya menderita mual pada minggu-minggu awal kehamilan sebelum telat haid, Bunda. Namun tingkat keparahannya bervariasi pada setiap wanita.

Hamil muda juga biasanya disertai dengan mengidam. Baca di halaman berikutnya, Bunda.

Saksikan juga video 7 tahap perkembangan tulang pada janin di kandungan.

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
BUNDA HAMIL NGIDAM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!