sign up SIGN UP search


kehamilan

Bumil Bisa Transfer Antibodi COVID-19 ke Bayi? Simak Penjelasannya Bunda

Erni Meilina Kamis, 04 Feb 2021 15:28 WIB
Young beautiful pregnant asian woman standing and touching belly near the window in bedroom. Pregnancy, motherhood wearing virus protection mask mouth concept. caption

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Pediatrics mengungkap bahwa Ibu yang terinfeksi COVID-19 selama kehamilan mereka dapat mentransfer antibodi ke janin mereka melalui plasenta, Bunda.

“Apa yang kami temukan cukup konsisten dengan apa yang telah kami pelajari dari studi virus lain,” kata Scott E. Hensley, seorang profesor mikrobiologi di Perelman School of Medicine di University of Pennsylvania dan salah satu penulis senior dari penelitian, dilansir New York Times.

Selain itu, ia menambahkan, penelitian tersebut menunjukkan bahwa ibu hamil tidak hanya mentransfer antibodi ke janin Bunda, tetapi juga mentransfer lebih banyak antibodi ke bayi Bunda jika Ibu hamil terinfeksi di awal kehamilan. Hal ini mungkin berimplikasi pada kapan wanita harus divaksinasi terhadap COVID-19, kata Dr. Hensley, menambahkan bahwa memvaksinasi wanita di awal kehamilan mungkin menawarkan lebih banyak manfaat perlindungan.


"Tetapi studi yang sebenarnya menganalisis vaksinasi di antara wanita hamil perlu diselesaikan," ujar Hensley.

Penelitian tersebut mengambil sampel darah dari lebih dari 1.470 wanita hamil di Rumah Sakit Pennsylvania antara April dan Agustus 2020, di mana mereka menemukan dan menganalisis antibodi COVID-19 pada 83 Ibu baru. Diketahui bahwa sekitar 87 persen bayi mereka yang baru lahir menunjukkan laporan antibodi COVID-19 di tali pusat mereka.

Jumlah dan sifat antibodi pada bayi baru lahir bergantung pada jenis dan jumlah antibodi yang ada pada Ibu selama kehamilannya.

"Temuan kami menunjukkan potensi antibodi yang diturunkan dari ibu untuk memberikan perlindungan neonatal dari infeksi SARS-CoV-2 dan akan membantu menginformasikan pedoman manajemen neonatal dan desain uji coba vaksin selama kehamilan," ditulis dalam jurnal, dikutip dari Times of India.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA untuk penjelasan lebih lengkap mengenai transfer antibodi dari Ibu kepada janin.

Banner Ayah Dewi Sandra MualafFoto: Mia Kurnia Sari
Transfer Antibodi dari Ibu ke Janin
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!