sign up SIGN UP search


kehamilan

Batas Usia Kehamilan yang Boleh Mendapat Vaksin Covid-19 Menurut Dokter

Annisa Karnesyia Jumat, 02 Jul 2021 07:00 WIB
JENIS VAKSIN COVID-19 UNTUK BUMIL
Vaksin Covid-19 caption

Ilham menjelaskan bahawa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan ibu hamil mendapatkan vaksinasi COVID-19. Terutama pada ibu hamil berusia di atas 35 tahun, memiliki BMI tinggi atau obesitas, serta dengan penyakit pemberat seperti diabetes dan hipertensi. WHO pun menyarankan pemberian vaksin Sicovac untuk ibu hamil, Bunda.

"Vaksin sinovac yang dianjurkan, tapi boleh juga kalau merek lain asalkan diberikan saat usia kehamilan di atas 12 minggu dan ibu dalam kondisi sehat atau tidak ada sakit," kata Ilham.

Vaksin Sinovac relatif aman digunakan pada Bunda hamil karena menggunakan partikel virus yang sudah dilemahkan. Sementara vaksin AstraZeneca menggunakan virus yang mirip tapi sudah dilemahkan dan materi-materi dari COVID-19 dimasukan ke dalam virus tersebut.


Dalam rekomendasi POGI yang dijabarkan Ilham pada Haibunda, dijelaskan bahwa vaksin Sinovac berasal dari virus yang tidak aktif, sehingga tidak dapat berkembang dalam tubuh. Vaksin ini terbukti aman pada bumil yang mendapatkan vaksin sejenis (vaksin tetanus, difteri, dan influenza).

Sementara itu, vaksin AstraZeneca dan Jensen menunjukkan keamanan pada studi hewan (DART). Vaksin ini pun terbukti aman pada bumil yang mendapatkan vaksin sejenis, yakni HIV dan Ebola.

Pada studi yang melibatkan 35.000 bumil, keamanan pada vaksin MRNA, yakni Prizer dan Moderna, juga sudah teruji. Hingga kini, vaksinasi ibu hamil di Indonesia memang masih dalam tahap kajian.

(ank/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!